Berita

    Penting! Cara Mengatur Spion Mobil Agar Aman Berkendara

    Spion mobil merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan ketika sedang mengemudi. Komponen ini sangat berpengaruh terhadap aspek keamanan ketika berkendara, karena melalui spion tersebut Anda bisa memantau keadaan di sekitar mobil.

    Anda perlu untuk mengetahui berbagai situasi dan kondisi di sekitar, sehingga bisa menyesuaikan kendali mobil dengan tepat. Oleh sebab itu, menjadi penting untuk memperhatikan pengaturan spion, sehingga fungsinya bisa berjalan dengan maksimal.

    Cara Mengatur Spion Mobil agar Aman

    Supaya bisa berkendara dengan aman, Anda harus mengatur spion dengan benar. Dengan begitu, Anda bisa memperhatikan kondisi jalan dengan optimal. Perhatikan cara berikut ini untuk mengatur spion agar aman ketika berkendara.

    • Sebelum Mengatur Spion, Atur Dulu Posisi Duduk yang Nyaman

    Sebelum mengatur kaca spion, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur tempat duduk yang ideal dan nyaman untuk pengemudi.

    Pengaturan ini menjadi penting karena nantinya akan berpengaruh terhadap pandangan pengemudi. Salah satunya yaitu berpengaruh terhadap pandangan ke arah spion, baik spion samping maupun yang berada di bagian tengah.

    Jadi, ketika Anda hendak menyetir mobil, penting untuk mengatur posisi duduk yang ideal. Selanjutnya, baru Anda bisa mengatur kaca spion di bagian samping dan tengah.

    • Atur Spion Samping

    Hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur spion samping yaitu pantulannya jangan terlalu keluar dan membuat bodi mobil menjadi tidak terlihat. Namun, di sisi lain, Anda juga tidak boleh membuat pantulan bodi mobil menjadi dominan.

    Cara mudah mengatur spion samping yaitu dengan memperhatikan pintu depan mobil Anda. Aturlah hingga sejajar dengan bagian sisi bawah dari spion samping.

    Dengan pengaturan itu, maka bodi mobil di bagian samping tetap terlihat. Meski hanya terlihat sebagian atau tidak dominan, namun Anda bisa mengetahui jika ada kendaraan atau objek lain yang berdekatan.

    Selain itu, Anda juga telah memaksimalkan pandangan diagonal ke arah samping. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memantau berbagai kondisi lalu lintas di sekitar.

    Pengaturan yang tepat ini dapat membuat Anda mengemudi dengan lebih aman dan nyaman. Pastikan Anda tetap fokus ketika berkendara, sehingga berbagai situasi dan kondisi sekitar bisa terpantau dengan baik.

    • Atur Spion Tengah

    Selanjutnya, jangan lupa mengatur spion tengah yang berada di dalam mobil Anda. selain spion kanan dan kiri, spion tengah juga tentunya memiliki peran penting untuk Anda ketika berkendara.

    Istockphoto.com