Berita

    Ketahui Jenis-Jenis Lampu Plafon Mobil dan Cara Perawatannya

    Setiap mobil sudah dilengkapi dengan lampu plafon mobil, untuk membantu penglihatan pengendara di malam hari. Khususnya saat Anda mencari barang atau hendak membaca sesuatu. Lampu plafon akan menjadi sumber penerangan yang penting.

    Supaya lampu di dalam kabin mobil dapat terus berfungsi dengan baik, Anda perlu memahami beberapa model lampu plafon. Serta bagaimana cara merawat lampu agar lebih tahan lama. 

    Macam-Macam Lampu Plafon Mobil

    Lampu di dalam interior mobil menggunakan jenis lampu LED yang cukup terang. Anda tidak perlu terus menyalakan lampu interior mobil. Ada tiga pilihan mode pengaturan lampu plafon yang bisa Anda atur, di antaranya yaitu:

    • Lampu Kabin Mode On

    Pada mode on, lampu plafon terus menyala dan baru bisa dimatikan jika pengendara mengubahnya ke mode off. Pilihan mode ini dipakai ketika malam hari atau saat pengemudi memerlukan penerangan untuk mencari barang atau membaca. 

    • Lampu Kabin Mode Off

    Mode off berarti lampu plafon berada dalam kondisi mati. Lampu baru bisa menyala jika pengemudi mengubahnya ke mode on. Mode off digunakan ketika siang hari atau saat pengemudi sedang tidak membutuhkan penerangan lebih.

    • Lampu Kabin Mode Door

    Pada mode door, lampu plafon akan menyala otomatis saat pengemudi membuka pintu mobil. Lampu kabin akan mati setelah pintu mobil ditutup. Mode door juga membantu pengendara mengetahui apakah semua pintu mobil sudah tertutup dengan rapat atau belum. 

    Anda dapat mengatur dan memindahkan saklar lampu kabin kapanpun, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

    Cara Merawat Lampu Plafon Mobil 

    Lampu plafon seringkali jadi komponen mobil yang jarang diperhatikan cara penggunaanya. Padahal menggunakan lampu interior dengan baik akan menjaga usia pemakaian jadi lebih lama. 

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kondisi lampu interior mobil tetap berfungsi dengan optimal dan tidak gampang rusak. Cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini:

    • Gunakan Lampu Plafon Seperlunya

    Cukup gunakan lampu plafon seperlunya. Anda tidak boleh membiarkan lampu interior terus menyala, karena akan membuat aki mobil cepat habis. Nantinya akan berpengaruh pada berkurangnya pasokan daya listrik yang dibutuhkan mobil. 

    • Hindarkan Cairan dari Lampu Plafon