Berita

    Pemilihan Oli Mesin yang Sesuai

    Oil mesin merupakan salah satu komponen penting yang bertugas sebagai pelumas untuk mesin kendaraan. Dengan adanya oli, maka bisa mengurangi berbagai gaya gesek yang terjadi ketika berbagai komponen dalam mesin sedang bekerja.

    Tentunya, memilih oli yang tepat menjadi penting untuk membuat performa mesin menjadi optimal. Selain itu, bisa juga berguna untuk memperpanjang usia pakai dari berbagai komponen pada mesin mobil.

    Tips Memilih Oil Mesin yang Sesuai

    Terdapat berbagai jenis oli yang beredar di pasaran, namun terdapat berbagai perbedaan tentang tingkat kekentalannya. Penggunaan oli bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari mesin kendaraan, sehingga fungsinya sebagai pelumas bisa berjalan dengan optimal.

    Jika salah memilih, maka bisa saja membuat mesin mobil jadi menurun performanya. Mesin juga bisa menjadi lebih mudah aus karena kurang lancarnya sirkulasi oli.

    Supaya bisa memilih oli yang sesuai dengan kendaraan Anda, perhatikan berbagai tips di bawah ini hingga tuntas.

    • Perhatikan Nomor Society of Automotive Engineer atau SAE

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap jenis oli bisa memiliki tingkat kekentalan yang berbeda. Tingkat kekentalan ini berguna ketika hendak mengalirkan oli ke berbagai sela dalam mesin mobil untuk melumasinya.

    Tingkat kekentalan ini dapat dilihat dengan nomor Society of Automotive Engineer atau SAE. Jika angka SAE yang dimilikinya semakin besar, maka oli tersebut semakin kental.

    Kekentalan oli sangat berpengaruh terhadap performa mesin mobil. Oli mesin yang memiliki kekentalan stabil, maka akan memiliki daya tahan yang baik untuk berbagai jenis suhu, baik tinggi maupun rendah.

    Untuk berbagai mobil dengan memakai mesin generasi baru, biasanya membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih rendah atau lebih cair, misalnya AE 10W30.

    Selanjutnya, mobil yang membutuhkan tenaga besar atau mobil diesel akan membutuhkan oli yang tingkat kekentalannya lebih tinggi, misalnya SAE 20W50.

    Dengan tingkat kekentalan yang sesuai, maka fungsi oli bisa berjalan dengan maksimal. Mesin mobil pun bisa berjalan dengan baik karena pelumasnya telah sesuai dengan kebutuhan.

    • Cara Termudah, Ikuti Rekomendasi dari Pabrik

    Selanjutnya, ada cara termudah untuk memilih oli yang sesuai dengan kendaraan. Supaya bisa memilih oil mesin dengan tepat, maka Anda bisa mengikuti rekomendasi dari pabrik kendaraan.