Berita

    Kenali Penyebab Bensin Mobil Boros

    Mayoritas orang menganggap bensin mobil boros sebagai masalah sepele. Sayang sekali, padahal jika masalah ini tidak disepelekan dan segera ditangani, maka uang yang dihamburkan untuk membeli lebih banyak bahan bakar bisa digunakan untuk keperluan lain.

    Bagi Anda yang tengah mengalami masalah ini dan hendak menanganinya segera, sebaiknya ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu penanganan dapat dilakukan secara tepat dan efektif.

    Artikel ini akan membantu Anda memperoleh pengetahuan tentang penyebab borosnya bahan bakar mobil. Maka dari itu, langsung saja ikuti informasi berikut!

    Penyebab Bensin Mobil Boros

    Faktor-faktor yang menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros adalah soal kebiasaan memperlakukan mobil, bersih tidaknya komponen, dan kendala pada komponen tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan penyebab-penyebab tersebut:

    • Telat Melakukan Pergantian Oli

    Pengguna mobil yang terus-terusan menunda waktu servis merupakan penyebab bensin boros yang kerap terjadi. Karena, semakin jarang diservis, semakin jarang pula oli mobil diganti. 

    Apalagi untuk mobil yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 5000 km, namun tidak pernah ganti oli, maka hal tersebut bisa berdampak merugikan. Performa mesin menjadi turun sehingga menyebabkan keborosan bahan bakar mobil.

    • Ban Bermasalah

    Mobil wajib menggunakan ban berukuran sesuai anjuran pabrik. Jika tidak, sudah pasti hal ini bisa memicu masalah, lebih tepatnya yakni pertambahan berat dan gaya gesek ban yang menyebabkan akselerasi terhambat dan mobil jadi boros bensin.

    Ban gundul atau kempes pun bisa menjadi pemicu masalah. Dengan ban tersebut, gesekan ban dengan aspal meningkat, lalu menyebabkan ketidakseimbangan beban mesin dan daya putar, yang akhirnya membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

    • Kotornya Filter Bensin

    Pemicu bensin mobil boros satu ini umumnya kerap terjadi sebab pengendara terlambat melakukan servis rutin. Sama seperti sebelumnya, jika oli harus diganti tepat waktu, maka ini juga berlaku untuk pembersihan bagian filter bensin.

    Filter tersebut wajib dibersihkan berkala setiap jarak tempuh mobil telah mencapai 30,000 sampai 40,000 km. Ini bertujuan supaya bensin yang tersalurkan pada ruang pembakaran selalu dalam kondisi bersih.

    Ketika bensin tersalur dalam keadaan kotor, itu dapat memicu pemborosan. Hal ini dikarenakan bahwa saat kotoran masuk bersama bensin, proses pembakarannya menjadi tidak optimal. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan pada ruang bakar.

    • Kotornya Filter Udara