Berita

    Mengenal Istilah PCD & OFFSET Pada Velg Mobil

    PCD velg mobil perlu dipelajari jika Anda ingin lakukan modifikasi. Pecinta otomotif menganggap bahwa velg mobil merupakan bagian yang estetik pada mobil, karena Anda bisa meng-costumnya sesuai dengan model yang Anda inginkan.

    Tentu hal itu tidak bisa sembarangan dilakukan karena Anda perlu memperhatikan hal-hal penting supaya kegiatan berkendara Anda tetap terasa nyaman. Salah satunya yaitu dengan mengenal istilah-istilah pada velg mobil salah satunya adalah PCD dan offset velg mobil.

    Karena banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui istilah tersebut dan hanya orang-orang yang tertarik dengan otomotif lah yang biasanya mempelajarinya. Jika Anda tertarik dengan istilah tadi silahkan simak ulasan berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut.

    Apa Itu PCD Velg Mobil?

    PCD merupakan singkatan dari Pitch Circle Diameter atau mungkin Anda juga mengenalnya dengan istilah bolt pattern atau stud pattern. Di mana PCD merupakan jarak antara lubang baut pada velg roda mobil.

    Untuk melakukan pengukuran PCD bisa dibilang sederhana karena Anda hanya perlu mengambil titik terlurus dari tiap-tiap lubang baut pada roda mobil. Apabila terdapat empat lubang baut, Anda bisa mengukur lubang baut yang saling berseberangan. Berlaku juga untuk jumlah lubang baut yang lain.

    Pengukuran pcd velg mobil biasanya dalam satuan milimeter dan ukuran standar PCD pada mobil yaitu 100 millimeter. Ukuran ini umumnya pada jenis mobil sedan kecil.

    Sehingga untuk PCD pada mobil Anda akan menemukan ukuran 4 x 100 milimeter, 5 x 114,3 millimeter, sampai 6 x 139,7 millimeter. Hal ini tergantung pada desain velg dari pabrik mobil. Di mana satuan depan menunjukkan jumlah baut dan satuan setelahnya menunjukkan jarak antar baut.

    Apa Itu OFFSET Velg Mobil?

    Offset atau yang sering dikenal dengan ET, merupakan bagian permukaan pada velg mobil yang condong ke dalam atau ke luar fender. Jika PCD velg mobil merupakan jarak antara baut satu dengan baut yang lain, maka Offset  merupakan jarak antara bagian penampang tengah velg dari garis tengah velg.

    Ada tiga istilah pada Offset velg yang perlu Anda ketahui yaitu Offset roda nol (Zero wheel offset), Offset roda positif (positive wheel Offset), dan Offset roda negatif (negative wheel offset). Berikut adalah penjelasannya.

    • Offset Roda Nol

    Istilah satu ini artinya permukaan velg pada roda mobil dipasang sejajar dengan garis tengah pada roda atau bisa dikatakan tepat di garis tengah roda.

    • Offset Roda Positif