Berita

    Mengenal Body Repair Mobil dan Fungsinya

    Mungkin saja, ada beberapa permasalahan yang terjadi pada body mobil, misalnya terdapat baret atau penyok. Meski sudah mencoba tetap waspada, namun masalah tersebut bisa saja terjadi. Maka dari itu, body repair mobil dapat menjadi solusinya.

    Dengan melakukan perbaikan tersebut, maka mobil Anda bisa kembali berada dalam kondisi yang baik. Sebenarnya, apa itu body repair untuk mobil? Lalu, apa fungsi dan bagaimana prosesnya? Simak selengkapnya melalui artikel ini dan pastikan body mobil Anda terawat!

    Apa Itu Body Repair Mobil?

    Dalam pemakaiannya, mobil bisa mengalami berbagai kerusakan. Sebagai contoh, tergores batang kayu ketika melintasi hutan, penyok karena benturan atau kecelakaan, serta berbagai hal lainnya.

    Body repair merupakan proses perbaikan untuk memulihkan kondisi dari body mobil Anda, baik yang disebabkan oleh pemakaian sehari-hari maupun karena kecelakaan.

    Jika terjadi kerusakan yang berat, maka berbagai metode penyambungan bisa jadi diperlukan untuk memperbaiki mobil Anda.

    Fungsi Body Repair Mobil

    Jika melihat dari penjelasan tentang body repair, maka sudah jelas bahwa fungsinya adalah untuk memperbaiki kerusakan pada body mobil. Dengan melakukan perbaikan tersebut, maka mobil Anda akan kembali mulus seperti sedia kala.

    Permukaan yang tergores atau penyok, akan kembali rata. Cat pelapis pun ditambahkan untuk memberikan perlindungan yang lebih pada body mobil, sekaligus mempercantik penampilannya.

    Dengan lapisan tersebut, maka mobil akan tampak mengkilap, warnanya menjadi lebih bagus, serta bisa menahan karat dan jamur.

    Perbaikan yang dilakukan akan disesuaikan dengan jenis kerusakannya, sehingga rincian proses dari setiap kasus bisa jadi berbeda, begitu pula dengan biayanya.

    Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka sebaiknya Anda melakukan body repair di bengkel atau dealer resmi. Dengan perbaikan yang optimal dan resmi, maka tentunya akan lebih aman untuk kondisi mobil Anda.

    Proses Body Repair

    Ketika akan melakukan body repair, maka ada tiga tahapan penting yang perlu dilakukan. Berikut merupakan penjelasan dari setiap tahapan yang akan membuat mobil Anda kembali mulus.

    • Tahap Identifikasi

    Sebelum melakukan berbagai proses perbaikan, tahap awal yang perlu dilalui yaitu proses identifikasi atau pengecekan.