Berita

    Featured Image

    Mengintip Sejarah Suzuki Carry Pick Up

    Sejarah Suzuki Carry Pick Up dimulai pada 1976 silam. Mobil ini berbentuk CBU atau Completely Built-Up dan berkode bodi ST10. Melegenda hingga kini, Suzuki Carry sukses karena kegigihan orang kepercayaan Suzuki Indonesia bernama Soebronto Laras.

    Beliau gigih merayu rekan kerjanya di Jepang. Akhirnya, pikap tersebut jadi kendaraan niaga andalan di Indonesia. Generasi pertama dari pikap Suzuki Carry memang dirancang untuk pengangkutan beban berat. 

    Lebih lanjut, ketahui sejarah singkat Suzuki Carry dari generasi pertama hingga terkini melalui ulasan berikut ini!

    Ini Sejarah Suzuki Carry Pick Up yang Menarik untuk Diketahui

    Suzuki Carry jadi kendaraan yang terlibat dalam jutaan kisah sukses pengusaha Indonesia. Kualitasnya yang memadai jadi faktor pikap ini diandalkan untuk mendistribusikan komoditas penting menuju seluruh negeri. Ikuti informasi selengkapnya berikut ini:

    • Sejarah Suzuki Carry ST20

    Sebelum ada Carry ST20, generasi pertama pikap Suzuki adalah Carry ST10 yang telah dijelaskan sebelumnya di awal artikel. 

    Pikap tersebut memiliki dimensi cukup kecil, yaitu lebar 1.285 mm dan panjang 3.035 mm. Sumbu rodanya pun hanya 1,745 mm. Mesin Carry ST10 adalah 2-tak 3 silinder berkapasitas 539 cc dengan pendingin cairan. 

    Kemudian, pada 1977 generasi kedua pikap Suzuki diperkenalkan. Carry ST20 atau kerap disebut Suzuki Truntung berdimensi lebih besar. Panjangnya 160 mm dengan lebar 100 mm dan sumbu roda 95 mm.

    Model pikap ini populer sebab harganya terjangkau. Carry ST20 pun menemani masyarakat Indonesia selama 7 tahun sampai akhirnya muncul generasi ketiga bernama ST 100.   

    • Sejarah Suzuki Carry ST100

    Adapun Carry ST100 atau Carry 1000 ini mengalami perubahan total. Dimensinya jauh lebih besar serta menggunakan mesin 4-tak 4 silinder. Kapasitas mesin adalah 970 cc dengan efisiensi dan durabilitas yang legendaris.

    Lalu, perubahan tampilan depan wajah pikap terjadi pada tahun 1986. Perubahan terdapat pada bentuk headlamp yang semula bulat menjadi bentuk trapesium.

    Untuk model tersebut hanya bertahan 6 bulan produksi. Penggantinya adalah Suzuki Super Carry Extra di tahun 1987.

    • Sejarah Suzuki Super Carry Extra

    Suzuki Carry Pick Up edisi ini mengalami perubahan pada desain dasbor yang dibuat ala sedan. Terdapat pula tachometer serta penerapan rem depan tipe cakram. Lalu, ada double action shockbreaker pada poros roda bagian belakang. 

    Produksi Super Carry Extra berlangsung hingga 2009 dan menjelma jadi mobil terlaris Suzuki di Indonesia.

    • Sejarah Suzuki Carry Futura

    Pada tahun 1991, Carry Futura jadi generasi keempat dengan mesin berkapasitas 1.300 cc. Setelah itu, varian dengan mesin 1.600 cc diproduksi pada 1997. Keduanya diberhentikan untuk diganti dengan mesin injeksi kapasitas 1.500 cc di tahun 2005.

    Terjadi 4 kali facelift pada generasi ini, tepatnya di tahun 1997, 2005, lalu 2010, serta 2017. Model ini juga diproduksi paling lama hingga 30 tahun. Ketahanan dan hemat bahan bakar jadi alasan di baliknya.

    • Sejarah Suzuki Mega Carry

    Mega Carry diluncurkan pada 2011 lalu. Model ini merupakan pengembangan Suzuki APV, yang merupakan minibus andalan Suzuki. 

    Untuk Carry Futura dan Mega Carry, keduanya dijual paralel hingga peluncuran New Carry Pick Up di tahun 2019. Seluruh keunggulan pick up sebelumnya dikembangkan ke tingkat lebih tinggi.

    suzuki new carry pick up

    Kapasitas angkut jadi lebih besar dengan kabin yang lega. Mesinnya juga lebih bertenaga. Tetapi, harganya tetap terjangkau untuk pengusaha kecil-menengah yang membutuhkan.