Berita

    Simak Cara Menyetir Mobil Kopling

    Umumnya, mobil memiliki 2 transmisi yang dapat dijadikan sebagai pilihan yakni transmisi otomatis serta transmisi manual. Dibandingkan menyetir mobil kopling, transmisi otomatis tentu saja mempunyai penggunaan yang lebih mudah. 

    Inilah alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih transmisi otomatis.  Tetapi, ada juga orang yang menganggap jika mengendarai mobil otomatis seperti tidak mempunyai mengendarai mobil yang sesungguhnya. 

    Inilah alasan mengapa banyak orang yang belajar menyetir mobil manual atau kopling. Lantas, bagaimana cara menyetir mobil manual?

    Cara Menyetir Mobil Kopling

    Menyetir mobil manual sebenarnya tidak sesulit seperti kelihatannya. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan, yaitu:

            1. Perhatikan Tekanan Dari Pedal Gas

    Ketika menyetir mobil manual, pastikan memperhatikan tekanan kaki kanan di pedal gas ketika mengemudi. Hindari menginjak pedal gas dengan terlalu dalam karena akan membuat mobil lompat-lompat. 

    Jika mobil terus menerus menggunakan rpm tinggi, komponen mesin akan menjadi lekas rusak. Selain itu, ketika terus berjalan dengan kecepatan tinggi, risiko kecelakaan juga akan meningkat.

            2. Hindari Rem Ketika Sudah Dekat

    Anda harus menginjak pedal rem ketika akan berhenti dan agar ketika tidak menabrak pengendara lainnya. Tetapi, akan jauh lebih baik bila rem diinjak ketika kendaraan lain masih jauh. Hal ini akan membuat mobil berhenti dengan mulus. 

    Selain itu, mobil juga tidak terasa seperti menghentak. Mengerem dari jarak jauh lebih baik bila dibandingkan dengan mengerem ketika jarak kendaraan sudah dekat.

            3. Kurangi Kecepatan Pada Jalanan yang Berlubang

    Ketika menembus jalanan, tentu saja tidak selalu dalam keadaan mulus. Mungkin ada beberapa titik yang berlubang atau mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, umumnya juga banyak polisi tidur di daerah pemukiman. 

    Cara menyetir mobil kopling agar perjalanan tetap nyaman, Anda dapat mengurangi laju perjalanan ketika harus melewati jalanan berlubang. Ketika melewati jalanan berlubang, fokus kita terbagi menjadi dua, yakni harus menghindari lubang dan memperhatikan sisi lainnya. 

    Jika terdapat lubang besar, akan lebih baik mengerem mobil, bahkan sebelum melewati lubang agar benturan bisa lebih mulus serta komponen suspensi juga tahan lama. 

    Anda juga dapat menggunakan langkah yang sama ketika harus melewati polisi tidur. Anda dapat mengerem sebelum melewati polisi tidur. Kemudian, biarkan roda depan serta belakang melewatinya terlebih dulu, baru Anda menginjak gas.