Berita

    Simak 5 Tips Membeli Mobil Bekas

    Mobil bekas menjadi opsi yang tidak kalah menarik apabila Anda memiliki budget terbatas. Namun, Anda harus tahu tips membeli mobil bekas terlebih dahulu agar mendapatkan mobil yang masih layak dan tidak berakhir mengeluarkan biaya perbaikan lebih besar.

    Sebab memilih mobil bekas memang harus teliti dan tidak boleh terburu-buru. Terdapat hal penting yang harus Anda perhatikan, seperti kondisi mesin hingga dokumen mobil, agar uang yang Anda keluarkan untuk membeli mobil sebanding dengan kualitasnya.

    Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

    Perhatikan dan terapkan tips-tips di bawah ini untuk mendapatkan mobil bekas yang masih layak pakai dan lengkap dokumennya!

    • Periksa Kondisi Bodi Mobil

    Anda wajib mengecek bagian-bagian utama mobil, mulai dari kap mesin, panel pintu, kaca mobil, sampai dengan cat mobil, agar tahu apakah mobil tersebut pernah dirombak oleh pemilik sebelumnya.

    Apabila mobil tersebut struktur rangka serta cat mobilnya masih utuh tanpa perubahan signifikan, maka artinya bodi mobil masih asli. 

    Sedangkan, Anda pasti menyadari perubahannya apabila mobil telah mengalami perubahan, yang bisa dilihat dari bagian utama mobil hingga warna catnya.

    Tidak lupa juga lihat kondisi chasis dari mobil bekas yang ingin Anda beli. Jangan sampai chasis sudah dalam keadaan berkarat karena hal tersebut menurunkan kualitas mobil.

    • Periksa Interior Mobil

    Tips beli mobil bekas selanjutnya yaitu cek bagian dalam mobil, seperti dashboard, karpet alas kaki, kulit jok, lampu kabin, sampai audio, lalu pastikan hal tersebut masih fungsional. 

    Fitur lain seperti air conditioner, rem tangan, seatbelt, hingga lampu hazard, juga tidak boleh lupa Anda cek kinerjanya.

    Mobil yang bersih tanpa noda kotoran ataupun kerak adalah kandidat mobil berkualitas yang bisa Anda beli, karena interior mobil selalu diperhatikan kebersihannya.

    • Cari Tahu Service Record Mobil

    Riwayat servis, atau service record, menjadi hal penting yang harus Anda cek juga untuk memastikan pemilik sebelumnya telaten dan rutin merawat mobil. Bila service record tersedia, maka Anda harus memasukkan mobil ke daftar kandidat yang layak dibeli.

    Tidak cukup hanya memiliki service record, cara beli mobil bekas yang wajib Anda cari tahu adalah apakah servis dilakukan di bengkel resmi atau tidak. Sebab mobil yang servis di bengkel resmi terjamin keaslian elemen-elemennya.

    • Periksa Mesin Mobil