Berita

    Ketahui Apa Itu SRS Airbag dan Fungsinya

    SRS Airbag adalah salah satu teknologi yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Biasanya mobil keluaran terbaru akan dilengkapi oleh Airbag jenis ini. Airbag ini biasa disimpan di bagian dasbor mobil.

    Lalu, mengapa mobil-mobil modern dilengkapi oleh Airbag jenis ini? Simak ulasannya di bawah ini agar Anda semakin paham dengan Airbag tersebut beserta fungsi-fungsinya.

    Jenis Airbag dan Fungsi SRS Airbag

    SRS adalah singkatan dari Supplementary Restraint System Airbag. Teknologi ini berupa kantung udara yang akan keluar bila terjadi benturan pada mobil. Berikut fungsi Airbag dari jenis tersebut beserta fungsi Airbag jenis lainnya.

    • Dual SRS Airbag

    Airbag yang menjadi topik dalam artikel ini biasanya berbentuk dua kantung udara. Oleh sebab itu, Airbag ini juga mempunyai nama lain Dual SRS Airbag. Biasanya kedua kantung udara ini diletakkan di depan penumpang dan di tengah setir.

    Fungsi dari Airbag satu ini adalah melindungi supir dan penumpang bagian depan ketika terjadi benturan, terutama tubuh bagian dada ke atas hingga kepala yang memang sangat rentan akan cedera ketika terjadi benturan.

    • Curtain Airbag

    Seperti namanya, Curtain Airbag merupakan kantung udara yang berbentuk kelambu. Biasanya kantung udara ini akan berada di bagian kanan kiri mobil, tepatnya pada bagian jendela bagian depan hingga belakang.

    Fungsi dari Curtain Airbag adalah melindungi tubuh bagian samping ketika mobil mengalami benturan.

    • Side Airbag

    Airbag jenis ini juga sering digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Posisi Side Airbag adalah berada di pilar dari rangka mobil atau pada bagian samping dari jok pengemudi serta penumpang bagian depan yang dekat dengan pintu atau jendela.

    Airbag jenis ini mempunyai fungsi yang mirip dengan Curtain Airbag, yakni melindungi tubuh bagian samping saat mobil mengalami benturan. Namun, Side Airbag lebih banyak melindungi tubuh bagian lengan dan pundak.

    • Knee Airbag

    Knee Airbag adalah Airbag yang bertujuan untuk melindungi kaki penumpang, terutama bagian lutut ke bawah. Hal ini agar mengurangi cedera pada bagian tulang kaki ketika terjadi benturan.