Berita

    Kenali Beberapa Cara Membersihkan Mesin Mobil

    Jika Anda mengalami kesusahan saat membersihkan mesin mobil, Anda tidak sendirian. Karena bagian mekanik, komponen listrik, belt, dan alat lainnya di bawah kap, banyak orang merasa ngeri dan takut rusak saat membersihkan mesin mobil sendiri. Tetapi prosesnya bisa sangat sederhana, dan Anda bisa menyelesaikannya dalam waktu kurang dari satu jam dengan beberapa langkah dasar.

    Cara Membersihkan Mesin Mobil

    • Langkah 1: Tentukan Hari

    Idealnya, pilih hari yang hangat. Cuaca yang lebih hangat, terutama kelembaban rendah dengan sedikit angin, akan membantu mengeringkan mesin dan komponen setelah dibersihkan.

    • Langkah 2: Dinginkan Mesin Terlebih Dahulu

    Jika mobil sedang berjalan, balikkan kap mesin dan biarkan mesin menjadi dingin setidaknya selama 15 menit. 

    Komponen mesin yang panas tidak hanya dapat membakar Anda, tetapi juga dapat rusak karena kontraksi yang cepat jika disemprot dengan air dingin.

    • Langkah 3: Lepaskan Bagian yang Menutupi Mesin

    Lepaskan penutup plastik di bawah kap mesin mobil. Ini dapat digosok secara terpisah. Lepaskan juga terminal negatif dari baterai. Ini akan membantu melindungi komponen listrik agar tidak rusak jika basah. 

    Anda juga dapat melepas baterai jika mau, tetapi kami telah membersihkan banyak ruang mesin tanpa melakukannya.

    • Langkah 4: Tutup Konduktor Listrik

    Dengan menggunakan kantong plastik, tutup semua komponen listrik yang sensitif, seperti baterai, kabel pengapian, dan unit kontrol mesin. Jika ada asupan udara mesin yang terbuka di bawah kap, Anda juga harus menutupinya. 

    Jika Anda merasa akan sangat berbahaya saat membersihkan mesin, Anda dapat melewati langkah ini. Namun, melindungi partikel konduktor listrik ini akan memungkinkan Anda membersihkan lebih menyeluruh dengan risiko kerusakan yang lebih kecil.

    • Langkah 5: Degrease

    Semprotkan secara menyeluruh seluruh kompartemen mesin mobil dengan degreaser. Degreaser rumah tangga apa pun bisa digunakan, baik itu pembersih dapur atau degreaser mesin yang dibuat khusus. 

    • Langkah 6: Menggosok 

    Tergantung pada seberapa kotor mesin Anda, Anda mungkin tidak perlu menggosok. Namun, beberapa area, seperti penutup katup, mungkin memiliki minyak dan kotoran yang menempel selama bertahun-tahun.