Berita

    Penyebab Rem Tangan dan Rem Kaki Mobil Keras

    Rem tangan dan rem kaki mobil yang terasa keras menjadi salah satu hambatan dan bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab masalah ini agar bisa diatasi dengan tepat.

    Dengan mengetahui penyebab rem keras, ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga mobil melakukan perawatan secara berkala. Harapannya, Anda bisa terus menjaga mobil tetap bekerja dengan optimal.

    Penyebab Rem Tangan dan Rem Kaki Keras

    Penyebab rem kaki dan tangan yang keras sebenarnya ada beberapa faktor. Berikut poin-poin yang perlu Anda cermati di bawah ini!

    • Tarikan Terlalu Kuat

    Penyebab utama yang seringkali terjadi adalah tarikan rem yang terlalu kuat atau kencang. Hal ini menyebabkan bagian tuas rem mengalami kerusakan sehingga rem terasa keras saat digunakan.

    Oleh sebab itu, sebaiknya tarik rem secara perlahan hingga terdengar bunyi klik saat digunakan. Pastikan Anda tidak menariknya melebihi batas gerigi yang sudah ditentukan.

    • Banjir

    Penyebab lainnya adalah menggunakan handbrake saat mobil melewati banjir atau genangan air. Penyebab ini lah yang menjadikan rem terasa keras dan sulit dikendalikan.

    Apabila hal ini dibiarkan dalam waktu lama, bisa menimbulkan karat dan menyebabkan handbrake sulit digunakan. Untuk mengatasi ini, sebaiknya hindari penggunaan handbrake terutama pada saat melintasi genangan air dan banjir.

    • Kesalahan Pengguna

    Kesalahan dalam mengoperasikan mobil manual dan matic seringkali membuat pengemudi salah dalam menggunakan sistem pengereman di setiap kendaraan tersebut. 

    Bagi sebagian orang yang belum bisa membedakan cara penggunaan rem dari kedua jenis mobil ini maka akan menyebabkan rem tidak berfungsi dengan baik.

    Maka dari itu, penting untuk membuka buku panduan sebelum menggunakan mobil yang akan dikemudikan. Sebab mobil manual dan mobil matic memiliki cara penggunaan rem yang berbeda.

    Cara Mengatasi Rem Tangan dan Rem Kaki Mobil Keras

    Jika Anda merasakan rem mobil menjadi keras, sebaiknya Anda tidak perlu panik. Rem kaki dan tangan yang bermasalah tentunya bisa diperbaiki dengan beberapa cara di bawah ini:

    • Tarik Perlahan

    Handbrake yang macet sebaiknya Anda tarik secara perlahan setiap kali digunakan. Hal ini perlu diingat untuk memastikan rem mobil dapat berfungsi dengan baik seperti semula.

     

    cara menarik rem tangan

    Freepik.com

    Dengan menarik rem secara perlahan, ini juga dapat menghindari terjadinya kemacetan pada rem tersebut. Pastikan Anda selalu menerapkan cara ini saat mengemudikan mobil Anda.

    • Kembalikan Tuas Rem

    Cara kedua bisa Anda lakukan dengan mengembalikan tuas rem seperti semula. Tuas yang tidak dapat ditarik ke atas memang harus dikembalikan dengan menggunakan tenaga kencang dan kuat.

    Anda bisa melakukan cara tersebut secara berulang dan cepat. Pastikan rem yang semula terasa keras dapat kembali normal dan digunakan secara perlahan.

    • Jangan Gunakan dalam Waktu Lama

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan handbrake pada saat banjir bisa menyebabkan rem mobil terasa keras dan sulit dikendalikan. 

    Apabila mobil Anda terjebak di genangan air atau banjir, sebaiknya tidak menggunakan handbrake dalam waktu lama. 

    • Pahami Cara Penggunaan Mobil

    Apabila Anda baru saja beralih dari mobil manual ke mobil automatic, pastikan Anda memahami cara penggunaan mobil baru Anda. Secara umum pengoperasian handbrake pada mobil manual biasanya mengandalkan tuas.

    Berbeda halnya dengan jenis mobil matic yang menggunakan rem pedal untuk pengoperasiannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk membaca panduan penggunaan agar memahami sistem rem dari mobil yang digunakan.