Berita

    Kenali Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

    Mobil tidak bisa starter merupakan suatu masalah yang menyebalkan. Apalagi jika itu terjadi ketika Anda sedang terburu-buru. Maka, penting untuk mengetahui apa saja penyebab hal tersebut supaya Anda bisa melakukan penanganan yang tepat.

    Biasanya, penyebab mobil Anda tidak bisa distarter adalah karena usang maupun soaknya aki. Selain itu, ada pula penyebab-penyebab lainnya. Jika Anda penasaran, maka sebaiknya jangan lewatkan informasi penting dalam artikel ini!

    Penyebab Mobil Tidak Bisa Starter

    Ada beberapa penyebab mengapa mobil Anda sulit maupun tidak menyala sama sekali ketika distarter. Di bawah ini merupakan poin-poin beserta penjelasan tentang masing-masing penyebab tidak bisanya starter mobil:

    • Busi Kotor

    Perlu Anda ketahui, busi merupakan komponen krusial yang ikut berperan dalam proses starter kendaraan, khususnya mobil. Nah, masalah dalam busi, seperti kondisi yang kotor saja bisa memicu kegagalan starter mobil. 

    Adanya debu maupun kotoran bisa menjadi penghambat percikan bunga api saat proses starter tengah dijalankan. Anda dianjurkan untuk rutin membersihkan busi agar kotoran tidak sampai menempel dan hal tersebut tidak terjadi.

    Pembersihan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pemicu mobil tidak bisa starter ini adalah dengan menggosoknya menggunakan cairan penetran. Akan tetapi, jika setelah dibersihkan masih tidak bisa, berarti busi sedang rusak.

    Untuk mengatasi busi yang sudah rusak ini, Anda bisa memperbaikinya atau menggantinya dengan busi baru supaya tidak mengganggu performa mobil. Perbaikan bisa dilakukan secara mandiri maupun dengan bantuan profesional. 

    • Sendatan Aliran Bahan Bakar

    Supaya dapat menyala, mesin memerlukan bahan bakar. Nah, bahan bakar sendiri dialirkan dari tangki. Jika terdapat ketidaksempurnaan dalam pendistribusian aliran bahan bakar, maka bisa dipastikan mesin tidak bisa dinyalakan. 

    Hal ini dikarenakan mesin memerlukan bahan bakar. Jadi, untuk mengatasi mobil tidak bisa starter sebaiknya lakukanlah pembersihan. Anda bisa membersihkan tangki bahan bakar, needle valve, dan filter. 

    • Kerusakan Dinamo Starter atau Ampere

    Komponen bernama dinamo ampere, yang kerap dijuluki sebagai alternator penting untuk diperhatikan. Fungsinya sendiri yaitu mendistribusikan listrik menuju aki. Jika komponen ini bermasalah maupun rusak, maka bisa memicu kegagalan starter mobil.