Berita

    Featured Image

    Bahaya Karat pada Kaki-Kaki Mobil

    Salah satu bagian pada mobil yang rentan mengalami karat adalah kaki-kaki mobil. Bagian ini sering kali terabaikan dan tidak diperiksa secara teliti, padahal rentan sekali mengalami karat dan kerusakan yang parah.

    Perlu diketahui bahwa area kaki-kaki pada sebuah mobil memegang peranan penting terhadap stabilitas kendaraan tersebut. Jadi, pastikan untuk menjaga area ini dan memastikan tidak ada karat yang bisa memicu kerusakan besar pada mobil Anda.

    Bahaya Kaki-Kaki Mobil Berkarat

    Area kaki-kaki berada di sebelah bawah bodi kendaraan. Jadi, tidak heran sebenarnya jika bagian ini mudah berkarat. Hal tersebut terjadi karena bagian ini terpapar oleh kotoran, lumpur, maupun air di jalanan.

    Kelembaban di area kaki-kaki juga cukup tinggi. Itulah mengapa sering kali ditemukan karat yang dapat menyebar dengan cepat di bagian tersebut. Berikut ini akan dibahas apa saja dampak buruk atau bahaya dari karat pada kaki-kaki kendaraan Anda.

    • Merusak Tampilan Mobil

    Jelas sekali bahwa karat pada badan mobil Anda akan merusak tampilan. Meskipun karat tersebut berada di bagian bawah atau di kaki-kaki kendaraan, namun tetap saja akan mengganggu penampilan. Apalagi jika kerusakan akibat karat cukup luas.

    Perlu diketahui bahwa karat bisa muncul setitik saja pada bagian kaki-kaki kendaraan Anda. Lalu, seiring berjalannya waktu, karat tersebut bisa bertambah banyak dan ukurannya makin meluas.

    • Merusak Baut dan Membuatnya Longgar

    Anda pasti tahu bahwa di bagian bawah bodi mobil atau kaki-kaki kendaraan ada banyak baut. Baut-baut tersebut bisa saja mengalami korosi dan akhirnya rusak.

    Karat pada area kaki-kaki kendaraan bisa saja meluas dan mengenai baut-baut tersebut. Pada akhirnya baut menjadi longgar dan tidak terpasang dengan baik. 

    Kondisi ini tentu bisa sangat berbahaya karena memicu kerusakan dan gangguan fungsi komponen-komponen mobil lainnya.

    • Mengganggu Fungsi Sparepart

    Ada banyak jenis sparepart yang bisa Anda jumpai di bagian bawah bodi mobil atau di kaki-kaki mobil. Bayangkan saja bagaimana jika karat meluas dan menyerang sparepart kendaraan Anda. Tentunya, ini akan memicu kerusakan atau kondisi yang merugikan.

    Kerusakan pada sparepart bisa menyebabkan penurunan performa mobil Anda. Hal ini tentu akan tambah berbahaya jika kerusakannya cukup parah dan meluas ke banyak jenis sparepart. Itulah mengapa sangat penting untuk mengecek adanya karat secara berkala.

    • Meningkatkan Risiko Kecelakaan

    Munculnya karat pada kaki-kaki kendaraan Anda bisa memicu banyak kondisi yang merugikan. 

    Selain bisa merusak sparepart, karat tersebut juga bisa membuat kendaraan Anda jadi tidak seimbang. Bahkan adanya karat dapat meningkatkan risiko terjadi kecelakaan. 

    Itulah mengapa sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin. Pastikan semua komponen mobil dalam kondisi baik dan tidak ada yang berkarat. Jika memang ada yang berkarat, maka lakukan upaya penanganan yang tepat.

    • Memperbesar Biaya Perbaikan 

    Perlu diketahui bahwa karat akan menyebabkan kerusakan dan gangguan pada mobil Anda. Pasti akan dibutuhkan langkah perbaikan jika karat merusak sparepart mobil. 

    Biaya perbaikannya bisa semakin mahal jika karat yang muncul cukup banyak dan mengenai banyak bagian.

    Intinya, karat pada kaki-kaki mobil dapat merusak kendaraan Anda secara menyeluruh. Karat bisa memicu keropos pada beberapa bagian kendaraan dan sparepart yang kemudian bisa merusak mobil Anda.