Berita

    Ketahui Cara Menghemat Bahan Bakar (BBM) Pada Mobil

    Harga Bahan Bakar Motor/Mobil (BBM) yang melambung tinggi merupakan salah satu sumber pengeluaran yang sangat besar. Apalagi jika Anda dan keluarga memiliki aktivitas yang beragam dan membutuhkan berpindah-pindah tempat setiap harinya.

    Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, tentunya wajib untuk mencari tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM. Hal ini dilakukan agar memotong sumber pengeluaran. Simak beberapa cara menghemat bahan bakar kendaraan berikut ini!

    Beberapa Cara Menghemat BBM yang Efektif

    Meskipun banyak alternatif cara menghemat bahan bakar kendaraan, berikut ini adalah opsi yang dapat Anda pertimbangkan karena terbukti efektif pada banyak orang.

    • Mengatur Rute Perjalanan secara Efisien

    Dalam mengatur rute perjalanan harian, Anda perlu memperhatikan efisiensi berkendara. Salah satu hal yang menjadi contoh adalah seberapa lama Anda berpindah tempat dan memarkir kendaraan.

    Hal ini menjadi pertimbangan penting karena setiap kali kendaraan Anda diparkir dalam beberapa jam lamanya, mesin mobil menjadi dingin dan ketika dihidupkan kembali membutuhkan bahan bakar yang cukup besar.

    Bayangkan jika Anda melakukan kegiatan parkir dan berpindah tempat beberapa kali, sudah dapat dipastikan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda menjadi meningkat.

    Atur rute perjalanan Anda agar tidak perlu singgah di beberapa tempat berbeda. Selain itu, Anda dapat beralih ke kendaraan umum untuk mencapai sebagian tempat yang akan Anda kunjungi.

    • Menghindari Jam-jam Rawan Macet

    Berkendara di jalanan yang macet membuat konsumsi BBM menjadi besar. Dalam situasi macet, mobil harus berhenti dan jalan kembali berulang kali. Konsumsi bahan bakar diperlukan ketika mobil memasukkan gigi saat jalan kembali setelah berhenti.

    • Menutup Akses Sirkulasi Mobil

    Menutup sirkulasi mobil melalui jendela merupakan cara menghemat BBM yang efektif. Jika jendela terbuka, angin bebas masuk ke dalam mobil dan memberi tekanan yang besar. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat pesat.

    • Meminimalisir Beban dalam Kendaraan

    Ibarat tubuh manusia yang membutuhkan tenaga lebih saat membawa beban berat, mobil juga membutuhkan bahan bakar ekstra ketika membawa beban di dalamnya.

    Ada baiknya Anda mengeluarkan barang-barang, khususnya yang memiliki berat besar, dari dalam mobil untuk menghemat bahan bakar.

    • Mengatur Laju Kendaraan Sehalus Mungkin