Berita

    Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang, Ini Solusinya

    Oli mesin mobil kerap tiba-tiba berkurang dan sering menimbulkan masalah saat kendaraan digunakan. Sebagai pengguna mobil, sebaiknya kita harus tahu juga penyebab oli mesin berkurang bisa terjadi. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah pada mesin.

    Fungsi dari pelumas sendiri memiliki peran penting bagi kendaraan termasuk mobil. Pelumas atau oli berguna untuk menahan gesekan antar komponen mesin mobil agar tidak cepat aus dan rusak. Harus diingat, dalam pemakaiannya pun oli akan mengalami penguapan sekitar 10% dari volume total. Apabila melebihi itu, maka harus segera dicari penyebabnya.

    Inilah 4 faktor yang menyebabkan oli mesin mobil berkurang:

            1. Seal mesin mengalami kebocoran

    Hal ini bisa terjadi akibat adanya kebocoran mesin. Kebocoran mesin ini sebenarnya merupakan kebocoran yang terjadi pada seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin.

            2. Kerusakan pada ring piston

    Oli mesin mobil yang cepat sekali berkurang juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada ring piston atau seher. Kerusakan ini bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi saat mesin mobil dinyalakan.

            3. Kerusakan pada ring seher (penahan oli pada ruang pembakaran)

    Ring seher menjadi penahan oli pada ruang pembakaran sudah tidak berfungsi lagi dengan baik. Komponen ini tidak dapat menahan oli sehingga oli bisa masuk ke ruang pembakaran, pada saat terjadi proses pembakaran.

            4. Kualitas oli kurang bagus (tidak tahan panas, mudah memuai)

    Seperti diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian pada mesin mobil. Kualitas oli mesin ini juga bermacam-macam, ada yang bagus dan ada yang tidak.

    Oli dengan kualitas bagus, tidak akan cepat panas ketika digunakan. Dengan demikian, mesin mobil juga tidak akan cepat panas, serta oli juga akan awet dan tidak akan lekas habis atau berkurang.

    Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Berkurang

            1. Ganti seal mesin yang rusak

    Seal mesin rusak, adalah salah satu yang menjadi penyebab oli mesin berkurang dengan lebih cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengganti seal mesin yang rusak tersebut dengan yang baru.