Berita

    Ketahui 4 Penyebab Knalpot Mobil Nembak dan Cara Mengatasinya

    Adalah sebuah hal yang lazim dialami oleh setiap kendaraan termasuk mobil dimana terdengar suara knalpot seperti menembak. Di dalam artikel ini akan dipaparkan penyebab knalpot mobil nembak dan cara untuk mengatasinya.

    Knalpot yang meletup-letup seperti bunyi tembakan itu membuat tidak nyaman, baik bagi Anda sebagai pengendara, juga bagi orang sekitar yang mendengarnya. 

    Kondisi knalpot seperti ini bukan hal yang normal. Perlu tindakan tertentu agar mobil tidak mengeluarkan bunyi serupa lagi.

    Penyebab Knalpot Mobil Nembak dan Solusinya

    Suara bising knalpot ini disebabkan oleh banyak faktor. Namun, kebanyakan faktornya adalah karena pemilik mobil jarang menyervis mobilnya. Lebih lengkapnya, ini dia informasinya.

    • Modifikasi Knalpot Serampangan

    Banyak orang yang menyukai modifikasi mobil, salah satunya memodifikasi knalpot. Sayangnya, karena kurangnya perhitungan, modifikasi knalpot tidak tepat sehingga membuat knalpot mobil mengeluarkan suara bising mengagetkan.

    Karena itulah, Anda perlu memodifikasi dengan pengawasan teknisi yang berpengalaman. Minta saran yang tepat untuk mendapat spesifikasi knalpot terbaik.

    • Busi Kotor

    Busi yang kotor jadi penyebab knalpot nembak. Pasalnya busi yang kotor menyebabkan bercampurnya udara dan bahan bakar yang tidak sesuai. Hal ini menyebabkan keluar suara keras seperti tembakan. 

    •  Penyuplai Udara ke Ruang Pembakaran Rusak

    Kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran menyebabkan timbulnya suara keras. 

    Dikarenakan jumlah udara yang masuk tidak sesuai, maka ini berpengaruh pada pengapian mobil. Hasilnya, knalpot mengeluarkan suara keras.

    Periksa filter udara mobil Anda. Apabila filter kotor dan penuh debu, suplai udara tersendat sehingga proses pengapian mesin tidak berjalan dengan lancar.

    • Karburator Kotor

    Selain busi, karburator yang kotor bisa menyebabkan knalpot mobil nembak. Hal ini karena karburator tidak dapat memberikan takaran bahan bakar dan udara bersih yang dibutuhkan mesin.

    Anda bisa memeriksa bagian selang vakum karburator. Cari tahu apakah ada sumbatan di dalamnya, seperti benda asing, kerak dan lain-lainnya.

    Cara Mengatasi Knalpot yang Nembak

    Kondisi knalpot yang tidak normal seperti sering mengeluarkan suara keras memang membuat tidak nyaman. Tapi, ada cara untuk mengatasinya, yaitu:

    • Periksa Kondisi Knalpot