Berita

    Featured Image

    Pedal Gas Anda Keras? Coba Cek Bagian Ini

    Apakah Anda pernah merasakan tarikan pedal gas mobil berat dan keras? Mungkin hal ini disebabkan adanya beberapa masalah pada bagian mobil Anda. Maka dari itu, Anda wajib memeriksa dan mengatasi hal ini.

    Dikarenakan, jika pedal gas keras atau berat, tentu akan mengganggu keamanan dan rasa nyaman ketika berkendara. Simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui penyebab pedal gas kendaraan Anda keras dan berat.

    Ketahui juga bagian-bagian yang bisa dicek dan diatasi jika hal ini terjadi. Tujuannya agar Anda lebih nyaman dalam berkendara!

    Cek 6 Bagian Ini jika Pedal Gas Mobil Anda Keras!

    Ketika tarikan pedal gas pada mobil Anda berat atau keras, ada beberapa masalah yang patut diperhatikan. Berikut ini 5 bagian mobil yang bisa jadi penyebab pedal gas keras dan berat ketika diinjak.

    • Menipisnya Kampas Kopling

    Kampas kopling yang mulai menipis bisa jadi faktor yang mempengaruhi tarikan pedal gas kendaraan jadi berat dan keras. Menipisnya kampas kopling berpengaruh pada berkurangnya cengkraman flywheel.

    Jika hal ini terjadi, bagian transmisi mobil Anda akan ikut bermasalah. Salah satu ciri kampas kopling menipis adalah munculnya getaran ketika mobil dijalankan. Selalu lakukan servis rutin agar hal ini tak terjadi pada Anda

    • Masalah pada Sirkulasi AC

    Pedal gas mobil yang tarikannya keras bisa disebabkan bagian sirkulasi AC yang bermasalah. Jika ketika Anda menyalakan AC mobil dan justru membuat tarikan mobil menjadi berat, maka ada masalah pada AC mobil Anda.

    Selain itu, AC sudah tidak dingin juga menjadi ciri adanya masalah pada bagian tersebut. Solusi untuk masalah ini adalah selalu rutin cek saluran filter AC kendaraan Anda. Hal ini agar tidak ada kotoran yang menyumbat saluran AC.

    • Menggunakan Bahan Bakar Kualitas Rendah

    Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah dan tidak sesuai aturan standar juga bisa membuat pedal gas kendaraan Anda keras tarikannya. Hal ini dikarenakan bahan bakar kualitas rendah membuat kotoran menumpuk pada sistem pembakaran mesin.

    Selanjutnya, ini akan berpengaruh pada aliran bahan bakar ke seluruh mesin dan tarikan pedal gas. Gunakan bahan bakar berkualitas baik dengan angka oktan yang ideal untuk mobil Anda.

    • Kondisi Busi yang Buruk

    Kondisi busi mobil yang buruk dan rusak menjadi salah satu faktor pedal gas mobil Anda keras dan bermasalah. Busi berpengaruh besar pada sistem pembakaran mesin di ruang bakar.

    Maka, jika busi sudah rusak maka proses pembakaran mesin akan terganggu. Hal ini yang membuat tarikan pedal gas menjadi lebih berat dari biasanya.

    Anda sebaiknya lakukan cek kendaraan secara berkala untuk meminimalisir kondisi ini terjadi. Selalu perhatikan bagian-bagian mobil agar bekerja optimal dapat memperpanjang usia mobil Anda dan memberikan kenyamanan berkendara.

    • Cengkraman Rem Mobil Terlalu Kuat

    Pada dasarnya, memang sistem cengkraman rem mobil wajib kuat agar bekerja secara optimal. Namun, jika cengkrama rem mobil terlalu kuat juga tidak baik bagi kondisi tarikan mobil.

    Oleh karena itu, ketika Anda merasakan tarikan pedal gas kendaraan lebih keras dan berat dari biasanya. Maka, cek bagian cengkraman rem mobil Anda! Biasanya hal ini terjadi pada jenis rem tromol.

    • Overload Muatan Kendaraan

    Muatan kendaraan yang terlalu berat atau overload juga bisa jadi faktor penyebab tarikan pedal gas kendaraan keras. Hal ini dikarenakan ketika muatan mobil overload, komponen mesin akan bekerja lebih keras daripada biasanya.

    Jika dibiarkan terus-menerus, tidak hanya tarikan pedal gas yang keras, tetapi juga seluruh komponen mesin mobil akan cepat rusak. 

    Solusinya mudah saja, hindari membawa muatan overload dan bawa beban sesuai dengan kapasitas yang direkomendasikan.

    Itulah beberapa bagian yang bisa Anda cek ketika pedal gas kendaraan keras, serta langkah mencegah dan mengatasinya.