Berita

    Mobil Tidak Bisa Distarter dan Bunyi Tek Tek, Apa Penyebabnya?

    5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Bunyi Tek Tek

    Beberapa mobil yang sulit untuk distarter kecenderungannya akan muncul suara tek tek. Munculnya suara ini menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada salah satu sistem mesin atau kelistrikannya. 

    Setidaknya ada lima penyebab mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek yang perlu Anda ketahui,antara lain.

    1. Kondisi Aki Mobil Mulai Tekor

    Penyebab mobil tidak menyala dan susah distarter hingga mengeluarkan bunyi tek-tek diakibatkan karena kondisi aki mobil mulai tekor.

    Biasanya aki mobil terasa tidak kuat untuk starter. Aki tekor disebabkan karena setrum di dalam aki sudah berkurang atau bahkan habis. 

    2. Korosi Pada Busi

    Ketika Anda mengalami mobil tidak bisa distarter tapi aki mobil masih bagus, biasanya ada masalah dalam busi mobil Anda.

    Busi merupakan komponen mobil yang berperan sebagai komponen pengapian pada mesin mobil dan berfungsi untuk membakar bahan bakar dan udara melalui kinerja piston untuk menyalakan mobil.

    Apabila busi sudah korosi maka akan menghambat proses pengapian mesin sehingga sulit distarter.

    3. Dinamo Starter dan Relay Bermasalah

    Dinamo starter mobil merupakan komponen yang pertama kali berfungsi sebagai pemutar mesin agar mudah menghidupkan mesin ketika distarter.

    Sedangkan, relay starter mobil berfungsi menyalakan dinamo. Sehingga apabila dinamo starter mulai lemah dan bermasalah maka mobil tidak bisa distarter meski mesin mobil sudah panas.

    4. Timing Belt Bermasalah

    Timing belt merupakan alat yang berfungsi menjaga jarak katup dan piston sehingga tidak saling bersentuhan. Jika timing belt bermasalah maka mobil tidak akan bisa distarter dan keluar bunyi kasar.

    5. Alternator Rusak

    Kenapa mobil terkadang tidak bisa distarter? Ini bisa diakibatkan karena alternator rusak.

    Alternator memiliki fungsi sebagai alat pengisi setrum aki untuk memenuhi kebutuhan sumber listrik pada saat kondisi mesin mobil hidup.

     

    Segera lakukan booking service online mobil anda melalui website resmi Suzuki Indonesia https://suzukidutacendana.co.id/ dan dapatkan informasi layanan customer care selengkapnya.