Berita

    Kenali Gejala Sistem Injeksi pada Mobil yang Bermasalah

    hallo suzuki family Salah satu komponen mobil yang penting dan memiliki fungsi penting adalah sistem injeksi mobil. Injektor memiliki peran penting dalam mengalirkan atau memompa bahan bakar dari tangki penyimpanan menuju mesin mobil. Kerusakan pada komponen ini bisa mengakibatkan mobil mati atau tak bisa dijalankan.

    Gejala Sistem Injeksi Mobil Bermasalah

    Jika injeksi kendaraan Anda mulai rusak maka harus segera diatasi sebelum terlambat. Lalu seperti apa gejala sistem injeksi pada mobil yang bermasalah? Berikut ciri cirinya.

            1. Sulit Distarter

    Gejala yang pertama dan mudah dikenali yaitu mobil menjadi sulit distarter atau membutuhkan waktu untuk hidup. Hal tersebut dikarenakan adanya kotoran yang masuk ke ruang bakar atau kurangnya suplai bahan bakar menuju ruang bakar.

            2. Mobil Tersendat

    Rusaknya injeksi bisa menyebabkan mesin terasa tersendat, berat, bergetar atau mengeluarkan suara kasar ketika Anda gas. 

            3. Boros Bahan Bakar

    Ketika injektor rusak menyebabkan suplai bahan bakar menjadi lambat akhirnya sensor memberikan sinyal pada ECU untuk mengambil kembali bahan bakar dari tangki akibatnya bahan bakar yang keluar tidak efisien.

            4. Indikator Hidup

    Kebanyakan mobil saat ini sudah dilengkapi dengan dengan fitur indikator yang akan menyala ketika ada kerusakan pada mobil. Jika mobil Anda dilengkapi fitur ini dan menyala, maka Anda bisa mengecek injektor mobil Anda karena bisa jadi indikator menyala karena ada kerusakan pada injeksi mobil.

            5. Muncul Asap Tebal dari Mobil

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa kerusakan injeksi bisa menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros. Borosnya bahan bakar bisa menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna.

    Hal tersebut mengakibatkan munculnya asap tebal pada knalpot mobil. Munculnya asap tebal biasanya juga diikuti dengan bau bensin.

            6. Mobil Mogok

    Pada kondisi kerusakan injeksi yang parah, bisa menyebabkan mobil mogok atau mati secara mendadak. Hal tersebut dikarenakan kotoran sudah menutupi katup pada injektor dan akibatnya suplai bahan bakar tak maksimal sehingga mobil menjadi mogok atau mati.

            7. Penyebab Injeksi Mobil Rusak

    Lalu, apa hal yang bisa menyebabkan sistem injeksi rusak? Salah satu hal yang bisa menyebabkan kerusakan injeksi yaitu karena penggunaan bahan bakar yang tidak berkualitas atau bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan mesin mobil Anda.