Berita

    Karet Pintu Mobil Mengeras? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Ada banyak penyebab karet pintu mobil mengeras, salah satunya karena pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan dengan baik. Sama seperti komponen mobil lainnya, karet pintu juga memerlukan pemeliharaan agar berfungsi secara optimal.

    Karet yang dibiarkan mengeras dapat mengganggu fungsi pintu mobil, contohnya membuat air hujan masuk (merembes) ke dalam kabin. Walaupun tidak mempengaruhi kinerja mesin secara langsung, masalah ini tetap perlu ditangani agar tidak menimbulkan kerusakan lain. 

    4 Penyebab Karet Pintu Mobil Mengeras

    Jika mengalami masalah ini Anda perlu mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari solusinya. Berikut beberapa penyebab karet pintu mengeras yang umumnya terjadi pada mobil di Indonesia:

    • Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari

    Jika tidak ingin karet pintu mengeras sebaiknya jangan memarkirkan mobil di area outdoor. Terlalu sering terpapar cahaya matahari langsung akan membuat karet pintu mobil cepat mengeras dan rusak.

    Bagian yang mengalami perubahan struktur lebih cepat biasanya terjadi pada karet di sekitar jendela. Karet di area tersebut lebih mudah rusak karena rentan terpapar sinar UV dari cahaya matahari. 

    • Usianya sudah Terlalu Lama

    Sama halnya seperti manusia, benda juga memiliki batas usia. Semakin lama umur karet pintu maka semakin besar pula risiko kerusakannya. Karet pintu yang sudah usang tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru. 

    Tapi Anda dapat memperpanjang masa pakainya dengan melakukan perawatan secara rutin. Melakukan perawatan yang tepat akan membantu karet tidak mudah mengeras dan rusak. 

    • Tidak Dirawat dengan Baik

    Penyebab karet pintu mobil mengeras yang paling sering terjadi, yaitu karena kurangnya perawatan. Sesibuk apa pun luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkannya secara rutin.

    Agar karet tidak mudah rusak sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus yang aman untuk karet.  Beberapa jenis cairan pembersih dapat membuat karet kehilangan kelembaban alaminya sehingga lebih mudah mengeras. 

    Jika perlu olesi seluruh bagian karet pintu mobil dengan pelumas untuk mempertahankan elastisitas dan memperpanjang masa pakainya. 

    • Terpapar Cuaca Ekstrem

    Karet pintu yang mengeras tidak hanya disebabkan karena paparan sinar UV dari cahaya matahari. Tapi juga bisa disebabkan karena paparan suhu dingin dan perubahan cuaca ekstrem. 

    terpapar cuaca ekstrim

    Tidak hanya mengeras, karet pintu yang terpapar suhu dingin juga menjadi rapuh sehingga lebih mudah pecah. Jika cuaca di daerah Anda cukup ekstrem sebaiknya carilah area parkir indoor untuk mengantisipasinya. 

    Cara Mengatasi Karet Pintu Mobil yang Mengeras

    Setelah memahami beberapa penyebab karet pintu mobil mengeras, kini selanjutnya Anda mencari tahu cara mengatasinya. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah karet mobil mengeras:

    • Selalu Memarkirkan Mobil di Tempat Teduh

    Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menghindari area outdoor ketika hendak memarkirkan mobil, terutama saat berhenti dalam waktu lama. 

    Lebih baik membayar lebih untuk mendapat tempat parkir indoor daripada menanggung biaya perbaikan mobil. Pasalnya, tidak hanya karet pintu saja yang mengalami penurunan fungsi. 

    Beberapa komponen lain juga berisiko mengalami masalah jika terlalu sering parkir di area outdoor.  Contohnya, kaca mobil terkena noda kotoran burung dan permukaan bodi yang rawan tergores. 

    • Melakukan Perawatan Rutin

    Kotoran dan debu yang tidak dibersihkan juga dapat menyebabkan kerusakan pada karet pintu. Itu sebabnya, pemilik mobil perlu membersihkannya secara teratur agar strukturnya tidak mengalami perubahan.

    Anda disarankan menggunakan cairan pembersih khusus untuk karet untuk menjaga kelembapan alaminya. 

    Tidak semua produk pembersih aman untuk karet karena kandungan bahan kimia tertentu dapat mengurangi kelembaban karet, sehingga membuatnya kering dan mudah rapuh. 

    Setelah dibersihkan jangan lupa diolesi pelumas untuk mempertahankan tekstur dan elastisitasnya. Sebaiknya jangan menggunakan oli mobil tapi pakailah pelumas khusus karet untuk hasil yang maksimal. 

    Demikianlah pembahasan tentang penyebab karet pintu mobil mengeras dan cara mengatasinya. Jika sudah melakukan cara tadi tapi kondisi karet pintu tetap keras.