Berita

    Pentingnya Memiliki Ban Serep dan Cara Merawatnya

    Membawa ban serep di mobil saat berkendara merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat. Ban cadangan seperti ini seringkali disepelekan dan diabaikan. Padahal membawa ban cadangan sangat penting bagi pengendara. 

    Umumnya ban ini akan diletakkan di bagasi atau di bagian kolong mobil. Setiap tipe mobil biasanya memiliki tempat penyimpanan ban cadangan yang berbeda. Mari cari tahu apa saja pentingnya ban ini bagi pada pengemudi mobil. 

    Pentingnya Memiliki Ban Serep

    Ban cadangan mungkin tidak menjadi komponen yang langsung bekerja saat mobil dipakai berkendara. Namun membawa ban ini sangatlah penting bagi pengemudi. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya membawa ban cadangan:

    • Penolong di Situasi Darurat

    Tentu saja ban cadangan ini akan menjadi penolong bagi Anda dalam situasi darurat. Misalnya ketika ban pecah, kempes, atau aus di tengah jalan. Kondisi seperti ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa kita duga. 

    Apabila sewaktu-waktu ban mobil Anda mengalami kerusakan dan tidak bisa berfungsi seperti biasa, maka ban cadangan akan menjadi penyelamat. Anda bisa segera melanjutkan perjalanan secepatnya. 

     

    mengganti banfreepik.com

    Selain membawa ban cadangan, Anda juga perlu membawa beberapa perlengkapan agar bisa melakukan penggantian ban secara darurat. Selain itu Anda juga perlu menguasai keterampilan mengganti ban. 

    • Bisa Menjadi Bumper Penahan Benturan

    Ban cadangan yang diletakkan di bagian belakang mobil ternyata bisa menjadi bumper penahan benturan. Biasanya ban ini diletakkan di balik pintu belakang mobil dan bisa melindungi bodi mobil Anda. 

    Jika sewaktu-waktu Anda lepas kendali dan mobil menabrak objek di belakangnya, maka benturan bisa diredam. Ban akan menjadi penahan benturan dan tidak memicu kerusakan berat pada bodi mobil Anda. 

    Pada dasarnya memang ban cadangan ini dibutuhkan untuk situasi yang tidak terduga. Anda sebaiknya selalu membawa ban tersebut agar bisa berkendara dengan tenang dan siap menghadapi situasi darurat sewaktu-waktu. 

    Cara Merawat Ban Serep

    Ban cadangan ini juga harus dirawat dengan tepat agar kualitasnya selalu terjaga. Saat Anda menjaga ban cadangan tersebut, maka performanya akan selalu prima sehingga siap mengganti ban utama kapan saja. 

    Seringkali karena terlalu lama disimpan, kondisi ban cadangan jadi terabaikan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban cadangan Anda:

    • Jaga Kebersihan

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan ban. Pastikan tidak ada kotoran yang menumpuk di permukaan ban. Rawat dan bersihkan secara rutin agar ban tidak mudah retak dan melunak. 

    • Periksa Tekanan Ban

    Sangat penting untuk memeriksa tekanan ban karena bisa saja ban tersebut akan dipakai sewaktu-waktu. Paling tidak lakukan pemeriksaan ban secara berkala antara 1 hingga 2 bulan sekali. 

    Anda harus memastikan bahwa tekanan ban sudah sesuai dengan standar atau rekomendasi pabrik. Biasanya tekanan ban rata-rata yang direkomendasikan adalah 4,2 kg/cm2.

    • Pakai saat Darurat Saja

    Ban cadangan sebaiknya hanya menggantikan ban utama saat kondisi darurat saja. Jangan terlalu lama memakai ban cadangan apalagi memakainya sebagai ban utama. Segera ganti kembali ke ban utama yang lebih kokoh. 

    • Simpan Ban dengan Tepat

    Pastikan untuk menyimpan ban dengan tepat. Kondisi ban saat disimpan harus dalam posisi kering dan bersih. Selain itu ban sebaiknya ditempatkan di bagian yang tidak terpapar panas berlebihan dan tidak terlalu lembap.