Berita

    Cara yang Benar Mengganti Kampas Rem Mobil Belakang

    Rem mobil merupakan bagian vital yang sangat berkaitan dengan keamanan Anda saat berkendara. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan berbagai komponennya, termasuk kampas rem.

    Jika kampasnya sudah habis masa pakai atau terjadi kerusakan, maka harus segera diganti. Sebaiknya Anda tidak menunda penggantian kampas ini, karena dapat membahayakan perjalanan Anda.

    Cara Mengganti Kampas Rem Mobil Belakang

    Untuk mengganti kampas pada rem mobil belakang, terdapat langkah-langkah yang dapat diikuti. Perhatikan setiap tahapnya supaya kampas dapat terganti dengan benar dan tepat.

    • Lepaskan Ban Belakang

    Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan ban bagian belakang. Pastikan Anda melakukan hal ini di tempat yang memadai dan tidak mengganggu orang lain.

    Anda bisa mengendurkan mur roda terlebih dahulu. Selanjutnya, dongkrak ban belakang mobil Anda hingga sampai di posisi atas.

    Anda bisa memakai balok kayu supaya ban tetap di posisi atas. Jika memungkinkan, lebih baik pakai jack stand supaya lebih nyaman dan memudahkan untuk Anda.

    • Lanjutkan dengan Lepas Unit Rem

    Setelah ban belakang dilepas, selanjutnya Anda perlu melepaskan unit rem.

    Untuk melepaskan bagian unit rem, maka lepaskan pegas yang menahan sepatu rem. Anda bisa menariknya memakai tang.

    Mulailah dari pegas yang paling atas supaya lebih mudah. Dengan begitu, tegangan secara umum akan berkurang. Selanjutnya, Anda dapat melepas sepatu rem. Di bagian itulah kampas menempel.

    Dalam tahap melepas unit rem ini, sebaiknya Anda sekaligus membersihkan berbagai bagian dari unit rem. Bagian tersebut yaitu bagian pegas, silinder roda, serta sepatu rem.

    Dengan membersihan bagian-bagian tersebut, maka rem mobil dapat berfungsi dengan lebih optimal.

    • Pasang Kampas Rem Baru

    Dalam tahap ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membersihkan plat penahan bagian belakang dari unit rem.

    Selanjutnya, berikan lubrikasi pada bagian tersebut. Berikan pelumasan supaya kinerjanya lebih baik nantinya.

    Jika sudah, pasang kembali berbagai komponen yang tadi telah dibongkar. Anda bisa memasang sepatu rem yang baru sesuai dengan posisi tadi. Selain itu, jangan lupa untuk mengaitkan kembali pegas remnya.

    • Mengatur Rem

    Langkah selanjutnya dalam cara mengganti kampas rem mobil yaitu mengatur rem baru. Anda perlu menyesuaikan rem tersebut sehingga kampas pengembang.