Berita

    Ketahui Penyebab Oli Mesin Mobil Berwarna Putih

    Oli adalah komponen penting bagi mesin mobil karena berguna untuk melumasi mesin. Tanpa oli, mesin akan saling bergesek hingga menimbulkan kerusakan. Oleh sebab itu, kondisi oli harus dijaga dengan baik. Namun ada kalanya oli mesin berwarna putih.

    Apa penyebab oli mesin sehingga dapat berubah warna menjadi demikian? Lalu, apakah bisa berbahaya bila oli berwarna putih? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

    Penyebab Oli Mesin Berwarna Putih

    Penyebab utama oli mesin dapat berubah warna menjadi putih susu adalah karena bercampur dengan air. Masuknya air ke dalam oli mesin biasanya diakibatkan karena dua hal, yakni bocornya air radiator atau akibat banjir. Berikut penjelasannya:

    • Air Radiator Bercampur dengan Oli

    Bercampurnya oli dengan air radiator adalah penyebab paling umum yang membuat oli mesin berubah menjadi putih susu. Biasanya, percampuran air radiator dengan oli ini diakibatkan oleh rusaknya komponen mobil.

    Komponen pertama yakni packing head. Packing head pada mesin mobil bisa mengalami kebocoran akibat korosi. Bila packing head ini bocor, maka air radiator dapat merembes ke mesin dan tercampur dengan oli. Segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

    Komponen kedua yang bisa rusak sehingga menyebabkan air radiator rembes ke oli mesin adalah seal water pump. Sama seperti packing head, gantilah bila komponen ini rusak. Harganya pun tak terlalu mahal.

    Penyebab ketiga tercampurnya oli dengan air radiator adalah rusaknya kepala silinder sehingga berbentuk melengkung. Rusaknya kepala silinder ini bisa diakibatkan mesin yang terlalu panas sehingga membuat celah dan menyebabkan oli bercampur dengan air radiator. Gantilah bila memang rusak.

    Penyebab keempat adalah retaknya dinding water jacket pada kepala dan blok silinder akibat kelirunya penggunaan air radiator. Hal ini juga membuat air radiator rembes sehingga oli mesin berwarna putih. Gantilah dengan yang baru bila hal tersebut terjadi.

    • Air Banjir Bercampur dengan Oli

    Oli juga dapat bercampur dengan air bila mobil Anda terendam banjir atau Anda memaksakan diri untuk menerjang banjir menggunakan mobil Anda. Hal ini disebabkan masuknya air banjir ke celah-celah mesin.

    Di samping itu, air banjir juga bisa membawa kotoran lain yang berbahaya bagi oli. Tak hanya terjadinya perubahan oli mesin berwarna putih, hal ini pun mampu membuat oli mengendap atau sludge sehingga aliran oli pun terganggu.