Berita

    Ketahui Cara Menguras Radiator Mobil

    Radiator merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk mendinginkan mesin agar tidak mengalami overheat saat digunakan. Namun, radiator mobil juga dapat mengalami kerusakan akibat kotoran yang menumpuk di dalamnya.

    Hal ini dapat mengurangi kemampuannya dalam mendinginkan mesin. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengurasan radiator secara berkala untuk menjaga agar komponennya tetap berfungsi dengan baik.

    Berikut Panduan Cara Menguras Air Radiator Mobil

    Untuk menjaga agar radiator dapat berfungsi dengan baik, Anda perlu mengganti cairannya secara berkala. Nah, untuk mengganti cairan radiator, Anda tentu perlu menguras isinya terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa diikuti.

    • Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

    Sebelum melakukan pengurasan radiator, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang dibutuhkan antara lain corong, selang, ember atau wadah pembuangan besar, serta obeng atau kunci pas.

    Sedangkan bahan yang diperlukan adalah cairan pendingin atau coolant untuk mengisi ulang dan air mineral sebagai campurannya. Dalam beberapa kondisi, ada juga yang menggunakan air biasa sebagai pengisi radiator.

    Namun, penggunaan air biasa dapat berisiko karena tidak memiliki kandungan anti-korosi, sehingga dapat merusak mesin mobil dan mempercepat terjadinya karat dan korosi pada sistem pendingin. Jadi, sebaiknya gunakan cairan coolant khusus.

    • Panaskan Mesin

    Selanjutnya, panaskan mesin mobil selama 5 menit sebelum mulai menguras radiator mobil. Hal ini dilakukan agar kotoran atau endapan yang ada di bagian bawah radiator dapat terangkat ke atas dan mudah dikeluarkan.

    Sebab saat mesin dinyalakan, sirkulasi coolant di radiator akan berputar sehingga kotorannya tidak akan mengendap di bagian bawah dan hasil pengurasan jadi lebih maksimal. Namun, pastikan suhu mesin tidak terlalu panas saat menguras nanti.

    Agar suhunya tidak terlalu panas, segera matikan mesin setelah dipanaskan beberapa saat. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga mesinnya dingin untuk menghindari resiko terbakarnya tangan atau jari saat membuka tutup radiator.

    • Buka Lubang Pembuangan dan Kuras Radiator

    Berikutnya, buka tutup radiator mobil dan pasang corong di atas lubang pembuangannya. Pasang selang di ujung corong dan arahkan ujung selang ke dalam ember atau wadah pembuangan.