Berita

    Kenali Penyebab Transmisi Matic Tidak Bisa Pindah Gigi

    Berada di situasi transmisi matic tidak bisa pindah gigi rasanya membuat kepanikan semakin menjadi-jadi. Terlebih jika hal ini terjadi ketika Anda berada di perjalanan.

    Transmisi matic saat ini sudah semakin banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Peminatnya pun cukup banyak karena penggunaannya yang lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. 

    Namun, berbagai permasalahan tetap saja tidak bisa dihindari. Salah satunya ketika transmisi matic tidak dapat dipindah giginya meskipun Anda telah berhasil memindahkan tuasnya.

    Melalui artikel ini, Anda dapat mengetahui apa saja penyebab permasalahan tidak berpindahnya gigi pada transmisi matic beserta penanganannya.

    Penyebab Transmisi Matic Tidak Bisa Pindah Gigi

    Berikut adalah tiga penyebab yang paling sering terjadi ketika transmisi matic mendadak tidak bisa pindah gigi:

            1. Permasalahan pada Switch Rem

    Penyebab yang paling sering terjadi adalah kondisi switch rem tidak berubah meskipun pedal rem telah Anda injak. Hal ini menyebabkan tuas transmisi gagal berpindah secara otomatis.

    Anda dapat melakukan pengecekan kondisi switch rem dengan melihat lampu rem yang akan menyala saat pedal rem diinjak.

    Periksalah kinerja switch rem lebih lanjut untuk mendeteksi masalah yang sedang terjadi. Penyebab lainnya adalah switch perlu dilakukan setel ulang atau ganti dengan yang baru.

            2. Switch Rem Kurang Terawat

    Penyebab selanjutnya yang membuat transmisi matic tidak bisa pindah gigi adalah switch rem yang kotor karena debu dan penumpukan sisa minyak. Hal ini dapat menghambat sinyal pada transmisi saat Anda memindahkan gigi.

    Kebanyakan permasalahan switch rem kotor terjadi pada mobil yang mesinnya sedang dalam keadaan dingin. Mobil yang sedang dipanaskan otomatis akan meluruhkan seluruh debu yang menempel pada switch rem.

    Meskipun Anda dapat menyelesaikan masalah ini secara mandiri, pastikan pengecekan telah dilakukan secara menyeluruh. Switch rem yang telah usang, harus diganti dengan yang barang yang baru.

            3. Permasalahan pada Gearbox

    Penyebab selanjutnya mengapa transmisi tidak dapat dipindah adalah kabel yang terputus atau mengelupas pada gearbox.

    Lakukan pengecekan pada gearbox mobil Anda bermasalah atau tidak melalui dua tanda berikut ini:

    • Pedal gas sangat berat ketika diinjak meskipun transmisi telah berhasil dipindah.
    • Tuas persneling telah dipindah, namun gigi tidak berganti