Berita

    Featured Image

    Bagaimana Kualitas Shockbreaker Mempengaruhi Kenyamanan Berkendara

    Kenyamanan dalam berkendara sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi pengalaman Anda ketika berkendara ialah komponen shockbreaker.

    Artikel ini akan mengulas tentang hubungan antara kualitas dari shock breaker mobil dengan pengalaman yang Anda rasakan saat mengendarai mobil tersebut. Simak pembahasan detailnya berikut.

    Berkenalan dengan Shockbreaker

    Shock breaker atau dikenal juga dengan istilah peredam kejut merupakan komponen pada kendaraan, termasuk mobil, yang berperan dalam meredam getaran dan juga guncangan saat di perjalanan.

    Dengan adanya komponen shock breaker ini, pengemudi dan seluruh penumpang di dalam mobil jadi bisa merasakan perjalanan yang lebih stabil dan tentunya aman.

    Peran shock breaker yang sangat penting tersebut tentunya sangat mempengaruhi pengalaman Anda saat berkendara. Semakin bagus kualitas dari komponen shock breaker maka akan semakin bagus pula komponen sistem suspensi ini dalam menjalankan perannya.

    Sementara itu jika peredam kejut mengalami kerusakan, hal ini akan berakibat pada sistem suspensi yang tidak berfungsi secara optimal. 

    Selain pengalaman berkendara menjadi buruk karena getaran yang tidak teredam dengan baik, hal ini juga berakibat membahayakan karena bisa meningkatkan risiko kecelakaan sebab mobil yang menjadi sulit untuk dikendalikan.

    Fungsi Shockbreaker

    Setelah berkenalan dengan komponen sistem suspensi shock breaker, pada poin ini akan dibahas lebih lanjut mengenai peranan atau fungsinya. Beberapa fungsi dari shock breaker antara lain yaitu sebagai berikut.

    • Menyerap Guncangan

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, shock breaker memiliki peran dalam meredam guncangan. Dengan fungsinya yang satu ini, kualitas shock breaker yang bagus akan sangat membantu meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga saat berkendara.

    • Membuat Kendaraan Lebih Stabil

    Kegunaan selanjutnya dari adanya komponen shock breaker yaitu bisa menjaga mobil Anda menjadi lebih stabil. 

    Guncangan selama perjalanan yang terserap dengan baik tentunya bisa membuat mobil melaju dengan stabil terutama saat harus melewati jalan yang tidak rata. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi dari komponen shock breaker ini.

    • Membuat Ban Lebih Awet

    Fungsi lainnya dari shock breaker ialah bisa membuat ban mobil menjadi lebih awet. Dikatakan demikian karena shock breaker yang berperan menyerap getaran ini bisa mencegah ban dari kerusakan dan aus. Dengan begitu, usia ban bisa tahan lebih lama

    • Meminimalisir Kerusakan Suspensi

    Satu lagi fungsi yang dimiliki oleh shock breaker yaitu bisa meminimalisir kerusakan suspensi. Untuk bisa merasakan fungsi ini, Anda perlu memilih shock breaker dengan kualitas yang baik.

    Tips Merawat Shock Breaker Mobil

    Supaya kenyamanan berkendara Anda selalu terjamin, maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan ialah dengan selalu merawat kondisi dari komponen shock breaker mobil Anda dengan baik. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan ialah sebagai berikut.

    • Menghindari Beban Berlebih

    Masing-masing jenis mobil memiliki kapasitas maksimal. Dengan selalu memperhatikan kapasitas maksimal dari mobil, maka hal ini akan membantu Anda dalam merawat kondisi dari komponen shock breaker. 

    Sementara jika Anda membawa beban yang melebihi kapasitas, hal ini bisa mempengaruhi kaki-kaki mobil termasuk fungsi shock breaker yang bisa terganggu.

    • Memeriksa secara Rutin Komponen Shock Breaker

    Tips lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk merawat shock breaker yaitu dengan memeriksa secara rutin komponennya. Dengan melakukan pengecekan rutin, Anda bisa mendeteksi dini apabila terdapat permasalahan pada shock breaker.

    • Menghindari Jalanan Rusak

    Jika ingin merawat komponen shock breaker, hal berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah sebisa mungkin menghindari jalanan yang rusak. Dengan membawa mobil melewati jalanan yang mulus, maka risiko kerusakan pada pada komponen ini bisa diminimalisir.

    Itulah pembahasan mengenai shock breaker mulai dari pengertian, fungsi, dan juga tips merawatnya. Dengan fungsi yang sangat penting, maka dari itu Anda perlu merawat kondisi shock breaker dengan baik.