Berita

    Kenali Cara Kerja & Fungsi Airbag pada Mobil

    Fitur keselamatan menjadi hal penting yang harus dimiliki setiap kendaraan. Hal ini tentunya berguna untuk memberi keselamatan bagi para penggunanya. Mobil keluaran terbaru pastinya telah dilengkapi beberapa fitur keselamatan, salah satunya adalah airbag mobil.

    Memang, airbag bukan kewajiban yang dapat digunakan oleh pengguna kendaraan layaknya seatbelt. Airbag merupakan fitur keselamatan yang dapat meminimalisir terjadi benturan saat kecelakaan terjadi.

    Kebanyakan airbag terletak di bagian depan mobil. Namun, saat ini sudah banyak mobil terbaru yang menambahkan fitur airbag di bagian samping.

    Mengenal Airbag Mobil

    Airbag menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh industri otomotif dalam mengutamakan keselamatan. Maka tak jarang seseorang yang ingin membeli mobil memperhatikan fitur airbag.

    Kecelakaan menjadi mimpi buruk bagi setiap orang dan tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Namun, musibah dalam berkendara bisa datang kapan saja. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan fitur keselamatan yang sesuai pada kendaraan.

    Airbag mobil telah menjadi fitur keselamatan secara resmi mulai tahun 1999. Letaknya memang tidak terlihat secara fisik, tetapi umumnya terdapat di bagian depan dan samping mobil. Meski tak semua mobil memiliki airbag pada bagian samping.

    Kehadiran airbag telah berhasil mengurangi resiko fatal yang terjadi akibat kecelakaan. Untuk airbag bagian depan dapat mengurangi resiko fatal kecelakaan hingga 32%. Terlebih dengan airbag bagian samping yang memiliki persentase keselamatan lebih besar yaitu hingga 37%.

    Inovasi airbag masih terus dilakukan oleh industri otomotif agar dapat memberikan keselamatan lebih untuk para pengguna kendaraan. Bahkan baru-baru ini, airbag juga diletakkan di bagian belakang mobil sehingga penumpang yang duduk di bagian belakang pun memiliki fitur yang sama.

    Fungsi Airbag

    Benturan keras seringkali tak dapat dihindari ketika terjadi kecelakaan selama berkendara. Airbag digunakan untuk mengurangi resiko buruk terjadi.

    Fungsi utama dari airbag mobil adalah sebagai pelindung keselamatan untuk pengguna mobil saat terjadi kecelakaan. Airbag diposisikan mengarah langsung pada organ penting manusia seperti kepala, leher, dan dada. Sehingga jika terjadi kecelakaan, bagian tersebut lebih dahulu terlindungi.

    Tak hanya melindungi orang-orang di dalamnya, ternyata airbag berfungsi melindungi bagian dalam mobil sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada interiornya.