Berita

    Ini Ciri Penipu di Situs Jual Beli Kendaraan Bekas

    Seiring berkembangnya teknologi internet, beragam situs jual beli kendaraan bekas pun semakin menjamur. Memang hal ini dapat memudahkan kita dalam membeli kendaraan. Namun Anda harus hati-hati dengan penipu jual beli kendaraan bekas.

    Para penipu ini bisa membawa kabur uang yang Anda berikan tanpa memberikan barang yang sesuai. Belum lagi maraknya penyalahgunaan data diri, sehingga tanpa disadari Anda akan terdaftar pada situs-situs yang tidak diinginkan. 

    Oleh sebab itu, saran terbaik yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menyimak ciri-ciri penipu tersebut dalam artikel ini!

    Ciri-Ciri Penipu Jual Beli Kendaraan Bekas

    Ada beragam alasan yang membuat orang menjadi gelap mata hingga menipu orang lain. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda masuk ke perangkapnya. Berikut ciri-ciri penipu dalam jual beli kendaraan bekas:

    • Skema Segitiga

    Bila ada seseorang yang meminta Anda untuk bertransaksi dengan orang lain namun harus mengirimkan uang kepadanya dengan embel-embel perwakilan, sudah pasti ia adalah penipu.

    Oleh sebab itu, pastikan bahwa orang yang Anda ajak transaksi serta rekening yang Anda kirimkan uangnya memiliki identitas yang sama. Sekalipun tidak sama, maka ia perlu membuat pernyataan tertulis.

    • Tidak Bisa Menunjukkan Bentuk Fisik

    Banyak penipu jual beli kendaraan bekas yang mengambil foto-foto kendaraan bekas dari orang atau situs lainnya untuk diunggah ulang. Ketika diminta untuk menunjukkan bentuk fisik kendaraan tersebut terlebih dahulu pun tidak bisa.

    Oleh sebab itu Anda harus mengecek kendaraan yang Anda inginkan terlebih dahulu sebelum membayar sejumlah uang. Selain menghindari penipuan, Anda juga bisa mengecek kondisi kendaraan apakah sudah sesuai dengan yang ia sampaikan.

    • Iklan Terlalu “Sempurna”

    Anda perlu mewaspadai dengan iklan yang terlalu sempurna seperti kendaraan yang terlalu bagus namun memiliki harga sangat miring. 

    Hal ini lumrah dilakukan oleh para penipu jual beli kendaraan bekas karena dapat semakin menarik minat pembeli.

    Oleh sebab itu, carilah info terlebih dahulu mengenai harga pasaran dari suatu kendaraan bekas beserta spesifikasinya. Bandingkan dengan harga yang ditawarkan penjual apakah selisihnya kecil atau terlalu besar.

    • Identitas Berbeda

    Penipu juga sering menggunakan identitas yang berbeda antara satu iklan dengan iklan lainnya. Selain itu, mereka juga sering menggunakan lokasi yang berbeda pula agar tidak mudah terlacak.