Berita

    Ini Ciri-Ciri Pedal Gas Mobil Bermasalah dan Penyebabnya

    Pedal gas sesekali mengalami masalah. Seperti tiba-tiba saja keras saat diinjak, tidak stabil atau bahkan tertera putaran mesin tinggi. Padahal Anda sedang dalam tidak menginjak pedal pada mobil.

    Masalah ini tidak bisa Anda diamkan saja. Sebab komponen yang satu ini penting untuk keselamatan saat berkendara. Apalagi kalau Anda sering menggunakan mobil, maka gas yang tidak stabil akan jadi masalah yang menyulitkan Anda.

    Tanda dan Penyebab Pedal Gas Mobil Mengalami Masalah

    Ada beberapa tanda atau ciri-ciri umum pedal untuk gas pada mobil mengalami masalah. Penyebabnya bisa karena ada kotoran yang menghalangi, atau persoalan sistem pada pedal.

    Berikut beberapa ciri-ciri umum gas pedal mobil yang bermasalah beserta kemungkinan penyebabnya:

    • Susah Ditekan dan Berat

    Umumnya, pedal ini akan mudah ditekan atau diinjak. Namun kali ini pedal terasa susah dan juga berat seperti ada yang menghalangi.

    Penyebabnya kemungkinan terdapat masalah pada kabel gas yang terkait dengan throttle body. Komponen yang satu ini memang memiliki peran pada gas pedal. Maka dari itu harus dipastikan tidak bermasalah.

    Selain itu, bisa juga throttle body sudah aus. Maka dari itu segera harus dilakukan perbaikan atau penggantian komponen. Supaya pedal kembali ringan saat diinjak. 

    • Kinerja Tidak Stabil dan Tersendat-sendat

    Tekanan pada pedal yang konsisten, harusnya menghasilkan gas yang stabil. Namun jika tidak stabil atau tersendat-sendat, bisa jadi karena throttle position sensor (TPS) mengalami masalah. 

    Komponen ini penting untuk mengetahui ukuran bukaan throttle gas yang akan dikirim ke electronic control unit. Maka dari itu apabila terganggu, kemampuan membacanya juga tidak sesuai dengan perintah. 

    Beberapa penyebab lainnya bisa karena kabel gas yang kusut atau aus, throttle body yang kotor atau aus, atau masalah lain pada sistem elektrik atau elektronik mobil.

    Freepik
    • Terdapat Bunyi dan Getaran Aneh

    Tanda lain adalah adanya bunyi atau getaran yang asing saat Anda menginjak pedal gas. Bukan bunyi mesin seperti biasanya. Bahkan ini sangat mengganggu karena ada getaran juga yang menyertai.

    Penyebab masalahnya juga masih sama, seperti masalah pada throttle body. Bisa juga karena trouble pada fuel injectors atau sistem pembakaran. Sehingga menghasilkan bunyi juga getaran yang asing.

    • Pedal Ringan Namun Tak Responsif