Berita

    Ciri Kampas Rem Habis yang Perlu Kamu Ketahui

    Ciri-ciri kampas rem mobil habis perlu diketahui oleh setiap pemilik mobil maupun pengendara. Meskipun sistem mobil cukup beragam pada saat ini berkat perkembangan teknologi.

    Namun dari sekian banyak yang terdapat di dalam mobil, bisa dibilang bahwa sistem pengereman tetaplah yang utama. Dengan kinerja rem yang optimal, maka keselamatan bisa lebih terjamin. 

    Melihat posisinya yang krusial, wajib tahu tanda kampas rem mobil habis:

            1. Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

    Tidak hanya suara berdecit saja, ciri-ciri kampas rem mobil habis yang lainnya adalah rem menjadi bergetar saat diinjak. Untuk pertanda ini, biasanya disebabkan oleh kampas rem yang mulai habis sehingga permukaannya tidak lagi rata.

    Pada akhirnya piringan cakram rem tidak bisa mencengkeram dengan sempurna. Hasilnya menjadi berupa getaran yang bisa Anda rasakan saat pedal rem diinjak.

    Masalah lainnya adalah getaran tersebut tidak hanya terasa di pedal rem saja, tetapi juga sampai ke setir mobil kalau kondisinya sudah semakin buruk. Sudah pasti hal tersebut tidak nyaman. 

            2. Rem Terlalu Dalam Saat Ditekan

    Kampas rem tromol yang digunakan di roda belakang mobil juga bisa habis. Kondisi ini membuat kalian harus menekan pedal rem lebih dalam agar sistem pengereman lebih baik. 

    Penyebab dari ciri-ciri ini dikarenakan rem tromol memiliki pegas pengembali. Jadi sejauh apapun piston mobil bergerak, pasti akan kembali ke posisi semula secara otomatis. 

    Kalau kampas rem masih tebal, pergerakan piston hanya perlu sedikit saja karena tromol rem otomatis tertekan. Namun kalau sudah tipis, maka piston wajib bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan.

            3. Terdengar Suara Berdecit

    Apakah kalian pernah mendengar bunyi suara berdecit ketika menginjak pedal rem? Hati-hati, itu adalah pertanda kampas rem mobil mulai habis. Bunyi yang dihasilkan layaknya suara gesekan logam atau besi. 

    Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah kampas rem yang sudah habis hanya meninggalkan bagian besinya saja. 

    Kalau sudah begitu, maka sistem pengereman tidak lagi terkena kampas, melainkan bagian besi tersebut. Inilah yang menjadi penyebab munculnya suara berdecit saat kalian menginjak pedal rem.

            4. Rem Tidak Pakem

    Ciri-ciri ini termasuk yang paling terasa. Rem yang sudah tidak pakem menjadi pertanda paling nyata dari kampas yang telah habis. Hal ini bisa terjadi karena penekanan kampas kepada piringan sudah tidak merata.