Berita

    Ciri-Ciri Bearing Roda Depan Mobil Anda Rusak

    Kondisi bearing roda mobil yang rusak akan membuat performa kendaraan menjadi tidak maksimal. Hanya saja, tata letaknya yang tidak bisa dilihat dengan mudah membuat komponen ini sering terabaikan. 

    Bahkan, kerap kali mobil baru dibawa ke bengkel setelah kerusakan bearing sudah sangat parah. Itu sebabnya sangat penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui apa saja ciri-ciri bearing roda yang rusak. Apa saja? Berikut informasinya!

    Begini Ciri Bearing Roda Mobil yang Rusak

    Bearing pada roda mobil memiliki peranan yang penting, itu sebabnya harus dijaga dengan baik agar kendaraan bisa melaju dengan lancar dan aman. Berikut beberapa ciri yang harus diwaspadai yang menandakan bearing roda sudah mulai rusak:

    • Putaran Roda Depan Terasa Tidak Lancar 

    Ciri pertama yang menandakan bearing mulai rusak adalah ketika putaran roda bagian depan mulai terasa tidak lancar seperti biasanya. Jika kondisi ini sudah Anda rasakan, sebaiknya segera menuju ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.  

    • Munculnya Suara Berdecit

    Ciri kedua yang mengindikasikan adanya kerusakan pada komponen bearing roda mobil adalah munculnya bunyi berdecit. Suara ini akan terdengar pada saat Anda mulai menjalankan mobil. 

    Jika ini terjadi, cobalah dengarkan dengan seksama agar bisa diketahui dimana sumber dari suara yang berdecit tersebut. 

    Apabila dipastikan asal suara dari arah bagian roda depan, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel Suzuki untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

    • Mobil Susah Belok

    Ketika bearing roda bagian depan berfungsi dengan baik, ini akan membuat kendaraan bisa berbelok dengan lancar dan halus. Sebaliknya, ketika komponen ini sudah rusak, maka mobil akan terasa sulit untuk berbelok. 

    Kondisi ini juga merupakan salah satu ciri dari bearing yang rusak. Jadi, jika Anda mulai merasakan ciri-ciri seperti ini, bisa dipastikan bearing roda bagian depan mobil sudah rusak dan perlu segera diganti.  

     

    mobil susah belok

    • Pengereman Terasa Berat

    Ciri berikutnya yang menandakan adanya kerusakan pada bearing roda mobil adalah saat Anda merasa proses pengereman menjadi lebih berat. 

    Selain menandakan adanya kerusakan pada booster, kondisi tersebut juga mengindikasikan bearing bagian roda mulai rusak.  

    • Timbul Suara Gemuruh

    Anda harus waspada ketika terdengar suara gemuruh saat berkendara. Pasalnya, ini bunyi tersebut merupakan pertanda bahwa bearing roda bagian depan mobil sudah mulai rusak. 

    Jangan tunda lagi, segera bawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat saat mendengar suara apapun dari mobil Anda saat mengendarainya!

    Dampak Bearing Roda pada Mobil Rusak

    Sebenarnya, sekecil apapun kerusakan yang terjadi pada kendaraan harus segera diperbaiki agar tidak berimbas pada komponen lainnya. 

    Ini dikarenakan setiap komponen saling terkait sehingga masalah yang kecil bisa langsung menyebar tanpa disadari jika tidak segera ditangani. Ini juga yang bisa terjadi pada bearing roda ketika mulai rusak, berikut beberapa dampak yang bisa terjadi pada kendaraan Anda.  

    • Kemudi Tidak Stabil

    Dampak yang pertama ketika bearing roda bermasalah adalah bagian kemudi mulai terasa tidak stabil atau tidak kokoh seperti biasanya.  

    • Rem Blong

    Ketika bearing rusak dan tidak segera diganti akan berdampak pada kondisi rem yang blong. Ini terjadi karena kinerja bearing tidak maksimal sehingga berimbas pada minyak rem di kaliper. 

    • Bank Mobil Pecah

    Suhu panas yang muncul akibat bearing tidak berfungsi juga berpotensi membuat ban mobil menjadi pecah. 

    Meskipun kondisi tersebut memang harus dipastikan terlebih dahulu apa alasan yang membuat ban tiba-tiba pecah, apakah karena bearing atau sebab lainnya.  

    • Kaki-Kaki Bermasalah

    Kerusakan pada bearing juga bisa membuat kaki-kaki mobil menjadi bermasalah karena bagian ini berhubungan dengan bearing roda depan. 

    Letaknya yang jauh dari jangkauan mata membuat Anda mungkin kesulitan untuk mengeceknya.