Berita

    Jangan Asal Pencet! Cara Pemeliharaan Klakson Mobil

    Saat ini, masih banyak pengguna mobil yang sering menggunakan klakson mobil secara asal-asalan. Padahal, hal tersebut bisa saja membuat fungsi klakson menjadi kurang optimal, atau bahkan bisa merusak komponen tersebut.

    Sebenarnya, bagaimana cara melakukan pemeliharaan klakson yang baik untuk mobil? Jika Anda masih belum mengetahuinya, simak penjelasan dalam artikel ini hingga tuntas dan  pastikan klakson tetap terawat!

    Berbagai Penyebab Klakson Mobil Rusak atau Mati

    Mobil memiliki berbagai komponen penting yang perlu dijaga dengan baik, supaya tetap bisa berfungsi secara optimal. Karena memiliki fungsi yang sangat vital dan berhubungan dengan keselamatan berkendara, maka perawatannya pun tidak boleh diabaikan.

    Sebenarnya, ada beberapa hal yang secara umum dapat merusak atau membuat klakson menjadi mati, yaitu sebagai berikut:

    • Terdapat masalah pada bagian kabel klakson;

    • Saklar telah mulai berkarat, sehingga fungsinya tidak bisa berjalan dengan baik;

    • Relay klakson sudah usang atau kotor;

    • Sekering yang ada di dalam instalasi klakson telah terputus;

    • Terjadi kerusakan di bagian switch klakson.

    Selain hal-hal yang telah dijelaskan di atas, penyebab yang cukup umum yaitu karena kurangnya perawatan dan pemakaian yang baik terhadap komponen klakson. Misalnya, ketika seseorang terlalu sering menggunakan klakson secara tidak tepat.

    Cara Merawat Klakson Mobil yang Tepat

    Sebaiknya hindari menggunakan klakson secara sembarangan. Selain itu, lakukan perawatan secara tepat sebagaimana yang dijelaskan dalam informasi berikut:

    • Hati-Hati saat Mencuci, Hindari Klakson Terkena Air

    Salah satu faktor umum klakson menjadi cepat rusak yaitu jika membran klakson terkena percikan air. Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda sedang melakukan pencucian mobil secara rutin.

    Maka dari itu, ketika mencuci mobil, komponen ini perlu menjadi perhatian khusus.  Usahakan untuk tidak menyemprotkan air ke bagian tersebut. 

    Lalu, jika ternyata sudah ada percikan air yang terlanjur masuk, maka cara untuk mengantisipasi kerusakannya yaitu dengan melepas klakson lalu mengeringkan membrannya sehingga dapat mencegah munculnya karat.

    • Jangan Gunakan Klakson secara Berlebihan

    Cara Anda dalam menggunakan klakson dapat berpengaruh besar terhadap keawetan atau masa pakai dari komponen yang satu ini. Jika terlalu sering digunakan, maka usia pakainya pun akan semakin menipis.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan klakson untuk kondisi terdesak saja. Jangan gunakan secara berlebihan, karena selain memperpendek usia, hal ini juga dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

    • Pastikan Anda Memperhatikan Cara Menekan Klakson

    Masih tentang cara penggunaan klakson, sebaiknya Anda juga memahami bagaimana cara yang tepat dalam penggunaan klakson. Sebaiknya, Anda tidak menekan klakson terlalu lama, setengah-setengah, tergesa-gesa, atau terlalu keras.

    Jika Anda menemukannya terlalu keras, bahkan jika sampai memukul-mukulnya, maka hal tersebut dapat membuat klakson menjadi lebih cepat rusak atau mati.

    • Jaga Kebersihan Permukaan dengan Baik

    Selanjutnya, terkait kebersihan klakson, penting untuk menjaga permukaan klakson supaya tetap dalam kondisi bersih. Umumnya, pembersihan klakson ini dilakukan ketika sedang membersihkan bagian interior mobil.

     

    membersihkan klaksonFreepik.com

    • Hindari untuk Membeli Klakson yang Kualitasnya Kurang Baik

    Cara selanjutnya yang penting untuk diperhatikan sejak awal yaitu terkait pemilihan klakson. Pastikan bahwa Anda telah membeli dan menggunakan klakson dengan kualitas yang terjamin.

    Jika Anda membeli klakson dengan kualitas yang seadanya, atau bahkan buruk, maka masa pakainya akan cenderung lebih singkat. Klakson akan lebih cepat mengalami kerusakan, sehingga Anda harus menggantinya.

    Itulah berbagai hal yang bisa menyebabkan klakson rusak dan cara untuk melakukan perawatan yang baik. Berbagai perawatan mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang, namun hal tersebut sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kondisi dan usia pakai klakson.