Berita

    Cara Merawat Sistem Rem Mobil

    Rem merupakan komponen yang penting dan sangat vital untuk keamanan berkendara. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan sistem rem supaya performanya tetap optimal.

    Terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan untuk merawat bagian rem mobil Anda, perhatikan setiap cara di bawah ini dan terapkan dengan baik. Dengan perawatan yang baik, maka perjalanan Anda akan menjadi lebih terjamin keamanannya.

    Tips Perawatan Sistem Rem untuk Mobil Anda

    Untuk menjaga performa rem mobil Anda, maka sebaiknya Anda memperhatikan dan melakukan berbagai cara perawatan berikut ini.

    • Perhatikan Kondisi Kampas

    Kampas rem adalah komponen yang berperan penting Anda mengurangi kecepatan mobil. Jika kampas sudah mulai menipis, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

    Jika sudah tipis dan tidak segera diganti, maka pengereman tidak dapat dilakukan secara optimal dan bisa jadi membahayakan keselamatan perjalanan Anda.

    Untuk memeriksa kondisi kampas, dapat dilakukan dengan melepaskan roda. Jika Anda kesulitan atau tidak sempat melakukannya, Anda bisa dapat memeriksanya di bengkel terdekat atau lakukan saat servis rutin.

    • Jangan Mengerem Secara Kasar

    Hal penting yang bisa Anda lakukan untuk perawatan sistem rem adalah dengan melakukan pengereman dengan cara yang halus. 

    Sebaiknya Anda tidak mengerem dengan kasar, karena hal tersebut dapat membuat cakram serta kampas rem menjadi mudah terkikis.

    Pengereman yang halus memang tetap dapat mengikis kampas rem, namun tidak akan sebanyak pengereman yang kasar.

    Selain untuk menjaga kondisi sistem rem, pengereman secara kasar juga bisa berbahaya jika dilakukan di jalan raya. Hal tersebut dapat mengganggu pengguna jalan lain, bahkan bisa membuat kecelakaan lalu lintas.

    Jika Anda masih memiliki kebiasaan mengerem secara kasar, sebaiknya segera diakhiri dan mulai lakukan pengereman dengan halus.

    Anda perlu menjaga konsentrasi ketika berkendara, sehingga tidak terjadi pengereman mendadak atau pengereman yang kasar.

    • Perhatikan Jadwal Penggantian Minyak Rem

    Dalam sistem rem, terdapat minyak yang membantu pengereman mobil. Minyak tersebut perlu diganti secara rutin karena memiliki masa pakai.

    Biasanya, penggantian minyak dilakukan secara rutin setiap dua tahun sekali, atau ketika mobil Anda sudah menempuh perjalanan sepanjang 40 ribu kilometer.

    iStock - Wachira Wacharapathom