Berita

    Apakah Perlu Memanaskan Mobil? Pembahasan dan Dampaknya

    Memanaskan mobil termasuk salah satu bagian agar performa mesin tetap optimal. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang begitu lama dan hanya beberapa menit saja. Hal ini menjadi kewajiban, apalagi jika kendaraan tersebut dalam kondisi mesin yang dingin karena proses ini membantu oli bisa masuk ke celah-celah yang sempit dan terlumasi dengan optimal. 

     

    Sisi lainnya, jika memanaskan kendaraan dalam kondisi yang sudah lama ditinggalkan juga membuat oli bisa terangkat kembali dan tidak berada dalam bak penampungnya. Hasilnya mobil akan berjalan lebih ringan dan tarikannya tidak begitu berat. Lantas, bagaimana cara memanaskan mobil dengan benar? Yuk, simak ulasannya. 

    Tips Memanaskan Mobil Dengan Benar

    1. Perhatikan Spek Mesin Mobil 

    Mungkin dulunya orang akan beranggapan jika semakin lama dalam memanaskan mobil, maka akan membuat kondisi mesinnya akan semakin bagus. Hal ini mungkin perlu diperhatikan dan dipertimbangkan kembali karena teknologi dari mesin itu juga terus berubah dan selalu mengalami peningkatan tiap saat. 

     

    Apalagi untuk kendaraan yang sudah menggunakan injeksi, maka proses untuk memanaskan mobilnya pun tidak membutuhkan waktu yang begitu lama dan cukup hanya 30 detik hingga 1 menit saja. Jika lewat dari itu, dampak yang akan terjadi tidak begitu signifikan dan membuat bensin pada kendaraan akan terbuang percuma.

    2. Panaskan Mobil Pada Area Terbuka 

    Langkah berikutnya yang sangat penting untuk diperhatikan adalah memanaskan mobil pada area yang terbuka. Kondisi ini perlu untuk dilakukan, apalagi mobil itu mengeluarkan gas buang yang sangat berbahaya pada tubuh yang mengeluarkan karbon dioksida dan jika terhirup secara berlebihan akan berdampak pada pernapasan. 

    Pexels.com

    Oleh karena itu, langkah praktis yang bisa dilakukan untuk memanaskan mobil di area terbuka dan tidak memilih tempat tertutup, terutama garasi rumah. 

    3. Hindari Gas Ketika Mobil Dipanaskan 

    Hal ini sering sekali ditemukan pada masyarakat kalau memanaskan mobil itu sering menginjak gas atau pedalnya. Tindakan tersebut sangat tidak dianjurkan karena kondisi mesin yang baru hidup atau menyala akan bekerja secara mendadak dan membuat mesin menjadi aus serta berdampak juga pada bensin karena hanya membuang sia-sia saja. 

    Dampak Positif Memanaskan Mobil 

    1. Membantu Menjaga Oli 

    Buat yang jarang menggunakan mobilnya, memanaskan kendaraan bisa menjadi alternatif yang utama. Karena mesin dalam kondisi yang panas akan membuat oli bisa terangkat dan membuat mesinnya berada dalam kondisi terbaiknya. Sirkulasi oli memberikan dampak yang besar pada kendaraan, sehingga benar-benar harus diperhatikan. 

     

    Apalagi jika sering meninggalkan kendaraan dan lama tidak digunakan, maka memanaskan mobil termasuk tindakan yang tepat karena oli yang ada akan turun dan tidak bersirkulasi dengan optimal, tentunya memanaskan mesin ini bisa menjadi alternatifnya. 

    2. Menjaga Aki dan Terhindar Kebocoran Kompresi 

    Terakhir, aki mobil itu akan mudah rusak jika didiamkan terlalu lama. Aki akan aktif jika kendaraan hidup dan bisa menyalurkan kelistrikan ke seluruh komponen yang ada pada mobil. Jadi, memanaskan mobil akan menambah masa pakai aki tersebut. Lalu, memanaskan mobil juga menghindari dari kebocoran kompresi. 

     

    Hal ini akan membantu kendaraan untuk bisa menciptakan pembakaran yang optimal karena jika kompresi mengalami kebocoran akan berdampak pada kondisi mesin yang kurang sempurna dan membuat bahan bakar menjadi boros. 

     

    Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya memanaskan mobil kendaraan. Hal tersebut ternyata memberikan dampak untuk kendaraan yang Anda sayangi. Ayo jadwalkan servis mobil Anda di suzukidutacendana.co.id dan jaga performanya tetap optimal.