Berita

    Apa itu Suspensi Mobil? Fungsi dan Perannya dalam Kenyamanan Berkendara

    Suspensi mobil adalah komponen penting yang berfungsi untuk menyerap getaran saat mobil berjalan, memberikan kenyamanan dalam berkendara.

    Suspensi juga berperan sebagai penyeimbang, membantu menyeimbangkan dan menopang bodi mobil baik saat mobil melaju maupun diam.

    Apa Itu Suspensi Mobil dan Fungsinya?

    Suspensi adalah sistem yang berfungsi sebagai penghubung antara roda dan bodi kendaraan. Komponen inti dari sistem ini adalah pegas yang terbuat dari baja yang fleksibel.

    Pegas ini memiliki kemampuan elastis yang digunakan untuk menyerap semua getaran yang timbul dari roda akibat kondisi permukaan jalan. Fungsi utama suspensi adalah untuk mengurangi benturan antara roda dan bodi mobil.

    Suspensi juga berperan sebagai penyeimbang, membantu menyeimbangkan dan menopang bodi mobil baik saat mobil melaju maupun diam.

    Komponen Utama Suspensi

    Suspensi terdiri dari 3 komponen utama. Masing-masing memiliki peran dan cara kerja yang berbeda.

    • Shock Absorber 

    Shock absorber atau penyerap kejut adalah komponen yang dapat meredam kejut dan bisa membuat efek suspensi menjadi lebih keras, sehingga membuatnya tetap stabil.

    Shock absorber bekerja dengan menyerap energi kinetik dari suspensi dan mengubahnya menjadi panas yang kemudian disipasi ke atmosfer.

    • Stabilizer

    Stabilizer atau bar anti-roll adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi roll atau kemiringan bodi mobil saat berbelok. Tujuan dari komponen ini adalah untuk menciptakan keseimbangan pada bodi mobil ketika suspensi sedang aktif.

    • Lengan Suspensi

    Lengan suspensi atau control arm adalah komponen yang menghubungkan sistem suspensi ke chassis mobil. Fungsinya sebagai penghubung antara roda dan chasis mobil.

    Bagian ini terdiri dari engsel yang memungkinkan pergerakan vertikal. Dengan pergerakan ini, roda dapat bergerak ke atas atau ke bawah, tergantung pada beban yang diterima oleh roda.

    Lengan suspensi memungkinkan roda bergerak naik dan turun, sementara mencegah gerakan maju-mundur dan samping.

    Jenis Suspensi Pada Mobil

    Ada beberapa jenis suspensi yang umum digunakan dalam mobil, di antaranya:

    • Suspensi Multi-Link

    Suspensi mobil jenis ini memiliki cukup banyak penghubung atau link. Penghubung ini berfungsi sebagai lengan suspensi dan biasanya terdiri dari tiga atau lebih link.