Berita

    Apa Itu Rack Steer dan Komponennya

    Bagaimana style mengemudi Anda? Apakah tipe yang halus atau yang selalu terburu-buru? Kebiasaan mengemudi yang tidak baik plus kondisi jalan yang rusak bisa membuat rack steer cepat rusak. Hal ini bisa menyebabkan kenyamanan mengemudi terganggu dan berpotensi kecelakaan.

    Maka dari itu, jangan sampai komponen di dalam sistem kemudi mudah rusak. Agar lebih paham apa itu komponen penting tersebut, mari kita cek telisik informasi dalam artikel ini.

    Apa Itu Rack Steer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

    Istilah ini mengacu pada salah satu elemen krusial bagi sebuah mobil. Komponen tersebut berperan sebagai konektor yang menghubungkan kemudi dengan sistem kaki-kaki mobil. Apabila komponen tersebut ada masalah, dampaknya bisa terasa pada kinerja power steering yang terhambat.

    Maka dari itu, penting untuk menjaganya dari kerusakan sebab biaya perbaikannya cukup menguras kocek.  Hal yang menjadikan biaya perbaikannya mahal adalah sebab adanya penggantian keseluruhan komponen mungkin diperlukan guna memastikan performanya kembali stabil. 

    Cara kerja komponen ini sebenarnya sederhana. Ia mengarahkan putaran ban sesuai dengan kemudi, dan putaran tersebut harus tetap sesuai agar terhindar dari kerusakan. Untuk mencegah kerusakan pada komponen ini, sebisa mungkin hindari jalanan berlubang dan berbelok dengan hati-hati.  

    Selain itu, hindari banjir agar air tidak masuk dan menyebabkan karat serta berpotensi mengurangi pelumas di dalamnya. Langkah-langkah ini menghindarkan komponen ini dari risiko patah dan kerusakan lainnya yang mungkin parah.

    Beberapa Komponen Rack Steer yang Punya Peran Penting

    Ada banyak komponen penting di sini. Berikut ini beberapa yang memegang peran paling penting dalam sistem kemudi mobil:

    • Roda Gigi Pinion

    Roda gigi pinion adalah elemen awal setir rack yang menginisiasi gerakan melalui koneksi dengan universal joint dan steering column. Adanya keterhubungannya ini memastikan transmisi gerakan yang presisi.

    • Batang Rack

    Komponen yang meneruskan gerakan dari pinion dan mengubah arah putar sebelum ditransmisikan ke roda. Selain itu, ia juga mengoptimalkan respons dan keakuratan sistem kemudi.

    • Ball Joint

    Fungsi utama ball joint bukan hanya menciptakan kenyamanan dalam pengoperasian roda kemudi, tetapi juga untuk memastikan fleksibilitas saat manuver dan pengendalian yang stabil.

    • Rumah Rack

    Tempat meletakkan piston pada sistem power steering. Ia mendukung efisiensi power steering dan memastikan bahwa gerakan yang dihasilkan disalurkan dengan efektif ke roda.

    • Tie Rod

    Fungsi utamanya adalah untuk mentransfer gerakan yang diinisiasi oleh batang rack ke roda. Selain itu, ia memastikan respons yang cepat dan akurat dalam mengubah arah kendaraan.

    • Boot Steer

    Boot steer bukan hanya ada untuk menjaga komponen tetap bersih tetapi membuat ball joint lebih awet.

    Beberapa Gejala Rack Steer Rusak

    rack steer rusakPexels.com

    Lalu, bagaimana kalau komponen ini rusak? Kenali ciri-cirinya melalui poin-poin dan penjelasan ringkas di bawah ini:

    • Muncul Suara Aneh pada Roda

    Apabila muncul suara yang tak biasa saat mengemudi, bisa jadi ada masalah pada komponen ini. Suara-suara tersebut bisa muncul saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi maupun rendah.

    • Setir Terasa Bergetar

    Saat mengemudi, setir terasa berat dan terasa getaran saat Anda melajukan mobil. Segera cek pada steering belt, mungkin sumbernya di sini.

    • Setir Macet Atau Menjadi Berat

    Coba rasakan! Apabila Anda berbelok tapi setir terasa berat, mungkin setik rack mengalami masalah. Hal ini terjadi karena roda ketinggalan.

    • Cairan Oli Menetes

    Jika cairan oli bagian depan menetes, bisa jadi sumbernya dari setir rak yang rusak. Namun, baiknya lakukan pengecekan secara menyeluruh untuk menemukan sumber utamanya.

    Kesimpulan

    Dari poin-poin di atas, bisa kita simpulkan bahwa rack steer adalah komponen yang penting. Saat rusak, Anda harus mengganti seluruhnya agar kemudi kembali stabil.