Berita

    3 PENYEBAB AKI MOBIL PANAS DAN MENDIDIH

    ​​3 PENYEBAB AKI MOBIL PANAS DAN MENDIDIH

    suzuki family, Apakah Anda tahu bahwa aki mobil yang panas menunjukkan adanya masalah pada pengisian aki dan masalah lainnya pada aki. Jika aki mobil Anda, khususnya Suzuki Family, sedang mendidih dan berbau menyengat, maka Anda harus waspada karena ini bisa menjadi tanda bahwa aki mobil bermasalah. Namun, untuk mengetahui kondisi ini tidaklah mudah karena aki berada di dalam mesin mobil yang sedang menyala.

    Aki mobil berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang digunakan untuk mensuplai sistem starter, pengapian, dan sistem kelistrikan mobil. Komponen aki ini bisa mengalami masalah, contohnya aki mobil mudah panas dan menggelembung. Apa penyebab aki mobil panas? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

    1. Short Antar Plat di Dalam Aki

    Salah satu penyebab aki mobil menjadi panas adalah terjadinya hubungan short antar plat di dalam aki itu sendiri. Setiap sel aki pada mobil memiliki 2 lempeng elektroda, yaitu positif dan negatif. Di antara lempeng ini ada isolator yang berfungsi sebagai pemisah antara plat satu dengan yang lainnya. Jika aki digunakan dalam waktu yang cukup lama, plat di dalamnya akan mengalami perubahan pada bentuknya dan menjadi melengkung. Kemudian air aki juga akan menimbulkan deposit dan endapan. Plat yang melengkung dan endapan tersebut dapat membuat aki short atau terjadinya hubungan singkat.

    Penyebab aki mobil panas terjadi karena short ini, sehingga air aki menjadi mendidih dan body aki mobil terasa panas ketika disentuh. Keadaan aki yang terlalu panas tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dapat membuatnya menggelembung dan rusak sehingga mobil akan bermasalah ketika distarter.

    1. Menggunakan Air Aki yang Tidak Sesuai

    Penyebab utama short adalah penggunaan air aki yang tidak sesuai, yang mempercepat kerusakan elemen di dalam aki itu sendiri. Misalnya, jika Anda menggunakan air mineral biasa untuk menambahkan air aki yang hampir habis, hal ini tentu saja tidak sesuai dan menyebabkan reaksi kimia yang tidak semestinya, seperti short yang menjadi penyebab aki mobil panas. Tingkat keasaman dan berat jenis di dalam air aki menjadi berubah karena penggunaan air yang tidak sesuai.

    1. Pengisian Listrik Berlebihan

    Penyebab lainnya yang menyebabkan aki menjadi panas adalah overcharge (pengisian listrik yang berlebihan). Overcharge biasanya terjadi karena regulator IC dalam alternator mengalami masalah. Tegangan pengisian aki normalnya antara 12,7 hingga 14 volt. Namun, jika IC regulator bermasalah, pengisian bisa di bawah atau di atas angka tersebut.