Berita

    Simak Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan

    Saat mobil mengalami masalah, Anda sebagai pemilik ataupun pengendara mobil jangan sampai mengabaikan hal ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi jika Anda mengemudi kendaraan dengan model atau jenis tertentu. 

    Hal ini perlu dilakukan agar Anda tahu cara menangani dan mendapatkan solusi ketika masalah terjadi saat mobil sedang digunakan. Dengan mengetahui masalah serta solusinya, Anda akan tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

    Dari sekian banyak permasalahan mobil, ada satu hal yang kerap kali diabaikan yaitu body roll atau yang lebih sering kita sebut sebagai mobil limbung. Permasalahan ini dapat terjadi ketika Anda melewati sebuah tikungan tetapi mobil terasa miring. 

    Pada umumnya, momen tersebut akan terjadi pada mobil yang mempunyai bodi tinggi dengan kecepatan yang tinggi juga. Sebagai pengemudi, Anda mungkin akan lebih merasakan efek dari mobil yang limbung.

    Efeknya bisa terasa saat Anda mengemudi di jalan yang berliku-liku dan tubuh serasa terlempar ke arah sebaliknya. Hal ini dapat Anda rasakan saat mobil akan menikung, sehingga badan dan mobil serasa hendak terguling.

    Kondisi ini bisa membahayakan apalagi jika Anda lepas kendali sedikit, mobil bisa terguling. Lalu apa saja sih penyebab mobil bisa mengalami body roll?

    Penyebab Mobil Limbung 

    Gaya sentrifugal merupakan penyebab terjadinya mobil limbung. Apa yang dilakukan gaya ini pada mobil Anda? ketika Anda membelokan mobil dengan kencang gaya ini akan menyeimbangkan kecepatan dan berat mobil dengan gerakan menikung yang Anda lakukan.

    Gaya sentrifugal akan menyesuaikan kecepatan dan dorongan mobil ke tikungan bagian luar. Tapi, hal ini bukan hanya satu-satunya penyebab dari mobil limbung atau body roll. Apa penyebab lainnya?

    • Angin Pada Ban Mobil Berkurang

    Penyebab pertama yang sering membuat mobil menjadi limbung adalah tekanan angin di ban yang mulai berkurang. Meskipun dampak yang diberikan tidak terlalu besar, ini tetap akan membuat mobil oleng dan Anda merasa aneh karena ketidakseimbangan kendaraan. 

    Apalagi jika Anda sedang membelokkan mobil di jalan yang berkelok, hal ini akan makin bisa dirasakan pengendara. Ban yang kurang angin juga akan membuat cengkramannya ke jalan tidak lagi sempurna.

    Nah, hal-hal.yang sepertinya sepele inilah yang membuat mobil limbung saat menikung. Selalu cek secara berkala pada bengkel terpercaya Anda dan double check kondisi mobil setiap ingin berpergian.

    • Shock Absorber Lemah