Berita

    Simak Fungsi Spoiler Mobil

    Spoiler mobil memang membuat tampilan mobil menjadi lebih keren. Selain mempercantik mobil, spoiler ini memiliki fungsi tersendiri. Apa sih sebenarnya fungsi spoiler? Ayo, ikuti penjelasan artikel berikut ini.

    Apa Itu Spoiler Mobil?

    Anda mungkin pernah melihat pada komponen mirip sayap yang letaknya di belakang mobil. Komponen tersebut diberi nama dengan spoiler

    Lalu, pernahkah Anda mendengar tentang aerodinamika? Pergerakan udara dapat dipelajari melalui cabang ilmu ini. Singkatnya, cabang ilmu ini dapat digunakan pada mobil sehingga ketika bergerak dengan kecepatan tinggi bisa menjadi lebih seimbang.

    Kemudian penggunaan spoiler adalah salah satu cara untuk menerapkan aerodinamika pada mobil. Spoiler disediakan dalam bentuk yang beraneka ragam dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan. Namun, untuk pemasangannya sebaiknya dilakukan di tempat yang terpercaya.

    Apa Jenis Spoiler pada Mobil?

    Spoiler pada mobil dibagi ke dalam beberapa tipe. Komponen ini dibandrol dengan harga yang berbeda bergantung pada tipe dan merk. Lalu, apa saja jenis spoiler?

            1. Wing 

    Hanya mobil yang memiliki performa tinggi yang cocok untuk menggunakan spoiler jenis ini. Ukuran spoiler ini besar melebih jenis spoiler lainnya dan dapat mempercantik mobil racing Anda.

            2. Lip 

    Mobil sejenis sedan dapat menggunakan jenis spoiler ini. Biasanya hanya digunakan untuk mempercantik mobil.

            3. Rear

    Jenis spoiler dapat ditemukan di atas kaca bagian belakang mobil dan dapat digunakan pada mobil yang lebih umum serta ukurannya juga lebih kecil.

            4. Front

    Berbeda dengan jenis spoiler lainnya, jenis ini diletakkan sesuai dengan namanya yakni di bagian depan. Aliran udara yang terdapat pada bagian bawah dapat diperkecil dengan adanya spoiler yang biasanya diletakkan di bawah bumper ini. 

    Apa Fungsi Spoiler Mobil?

    Sebelumnya telah disinggung sedikit bahwa spoiler mobil tidak hanya semata-mata untuk menghias mobil. Ada fungsi tersendiri yang dimiliki komponen ini. Lantas apa saja sih fungsi tersebut? 

            1. Membuat Mobil Tampak Lebih Menarik

    Tak asing lagi penampakan mobil yang menggunakan spoiler terlihat lebih menarik. Walaupun keestetikan bukan satu-satunya fungsi dari spoiler, tak bisa dipungkiri bahwa sebagian pemilik mobil memasangnya hanya untuk tampilan semata.