Berita

    Penting! Ini Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

    Ban merupakan komponen penting di mobil yang memiliki usia pakai dan berbagai cara perawatan. Jika sudah habis usia pakai atau ban sudah dalam kondisi yang tidak baik, maka perlu diganti dengan ukuran ban mobil yang tepat.

    Tentunya, Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih ukuran tersebut, karena dapat berpengaruh terhadap laju mobil nantinya. Jadi, pastikan Anda mengetahui ukuran yang tepat jika akan mengganti ban mobil!

    Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

    Jika bicara soal ukuran dari ban mobil, maka Anda bisa melihatnya di bagian permukaan ban. Di sana akan tertera angka dan huruf yang menunjukkan ukuran dari setiap ban yang ada.

    Lalu, bagaimana cara untuk membaca ukuran ban tersebut? Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya

    • Angka Paling Depan: Lebar Telapak

    Salah satu contoh ukuran ban yaitu 215/55 R17. Jika melihat tiga angka pertama, itu merupakan lebar telapak ban. Jadi, ukuran tersebut memiliki lebar telapak ban yaitu 215 milimeter.

    • Dua Angka Berikutnya: Tinggi Ban atau Rasio Ketebalan

    Setelah tiga angka awal, maka Anda bisa melihat garis miring yang menjadi pemisah angka. Angka setelah garis miring tersebut menandakan tinggi ban atau rasio ketebalan.

    Misalnya, untuk ukuran ban mobil 215/55 R17, maka rasio ketebalannya yaitu 55 persen dari 215 milimeter.

    • Huruf: Jenis Konstruksi Ban

    Selanjutnya, ada kode huruf yang menandakan konstruksinya. Jika tertera huruf R, maka itu merupakan kode konstruksi dari ‘radial’. Maksudnya, lapisan ban tersebut melintas secara radial.

    • Diameter Roda

    Di samping huruf yang menjadi penanda jenis konstruksi, Anda akan melihat dia angka selanjutnya yang menandakan diameter dari roda.

    Misalnya untuk ukuran ban 215/55 R17, maka ban tersebut memiliki diameter 17 inchi.

    • Maksimum Kecepatan

    Selanjutnya, ada kode terakhir yang menunjukkan maksimum kecepatan. Misalnya, jika setelahnya terdapat penjelasan 91V, maka itu menunjukkan bahwa maksimum kecepatan atau speed rating yang dimiliki yaitu V atau sebesar 240 km/jam.

    Daftar Ukuran Ban Mobil Suzuki

    Istockphoto.com

    Selain mengikuti cara di atas, Anda juga bisa menyesuaikan dengan merek dan tipe mobil. Setiap jenis mobil, tentunya memiliki standar masing-masing untuk berbagai komponennya, termasuk ban.