Berita

    Mengenal penggerak 4wd pada mobil offroad

    Hallo Suzuki Family Penggerak empat roda atau 4WD adalah salah satu sistem penggerak empat roda otomotif yang umum digunakan pada sebagian besar kendaraan roda empat saat ini.

    Berbeda dengan powertrain lainnya, 4WD sangat berguna bagi pengendara yang suka melakukan perjalanan di medan sulit seperti off-road, karena pengemudi dapat menyesuaikan distribusi tenaga ke roda sesuai dengan kebutuhan pengemudi setiap saat.

    4WD sering menyertakan fungsi powertrain lain seperti penggerak semua roda (AWD), penggerak roda depan (FWD), dan penggerak roda belakang (RWD).

    Sistem penggerak AWD mendistribusikan tenaga ke 4 roda kendaraan, FWD adalah 2 roda depan kendaraan, dan RWD adalah 2 roda belakang kendaraan.Dengan 4WD, pengemudi dapat menyesuaikan distribusi tenaga ke roda kendaraan. Bila diperlukan, misalnya dengan mengaktifkan penggerak dua roda saja atau keempatnya sekaligus. Secara umum, kendaraan 4WD terbagi menjadi empat kategori. Keempat jenis kendaraan 4WD tersebut adalah full-time 4WD, part-time 4WD, all-wheel drive (AWD) dan automatic four-wheel drive.

    1.4x4 FULL TIME

    Saat menggunakan mode 4WD full time, roda kendaraan dalam keadaan 4WD. Terdapat pilihan nomor yang bisa digunakan tergantung kondisi jalan yaitu gigi rendah dan gigi tinggi.Gigi rendah digunakan saat kendaraan melewati medan yang berat, seperti bebatuan dan lumpur. Kecepatan yang dihasilkan mobil rendah tetapi torsinya besar. Sedangkan kecepatan tinggi digunakan pada saat kecepatan normal atau sedang.

    2.4x4 PART TIME

    Paruh waktu 4WD memberi pengemudi pilihan untuk mengaktifkan penggerak dua roda (2WD), RWD atau FWD. Distribusi gaya ke roda dalam sistem ini dikendalikan dari transmisi. Pada kendaraan 4WD paruh waktu juga terdapat sistem diferensial. Sistem ini berfungsi untuk mengatur putaran roda saat Anda berbelok.Sama seperti mobil fixed 4x4, pengemudi juga dapat mengatur jumlah gigi yang ingin digunakan, gigi rendah atau gigi tinggi tergantung kebutuhannya.

    3.Penggerak empat roda

    Jika menggunakan AWD, tenaga mobil akan disalurkan ke keempat roda mobil secara bersamaan. Seperti kendaraan lainnya, kendaraan yang dilengkapi AWD juga memiliki pilihan gigi rendah dan tinggi. Mobil yang dilengkapi AWD dapat mengatasi selip dengan baik. Saat memulai Carsome, jika salah satu roda selip, gaya akan diteruskan ke roda lainnya untuk membantu mobil terus menggelinding dengan stabil dan aman.

    4.Penggerak empat roda otomatis