Berita

    Mengenal Blindspot & Cara Menghindarinya

    Banyak pengendara yang hingga saat ini masih belum mengetahui apa itu titik buta atau blind spot. 

    Padahal, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah karena pengemudi tidak memahami bagaimana cara mengatasi titik buta tersebut. Berikut ini informasi lengkap seputar blindspot dan cara menghindarinya.

    Sebenarnya, semua jenis kendaraan memiliki titik buta, yaitu area pandangan yang tidak kasat mata atau tidak terlihat oleh pengemudi. 

    Walaupun istilah titik buta atau blindspot ini kerap terdengar, namun seringkali keberadaannya dilupakan oleh para pengemudi. Untuk lebih memahami, simak pembahasan mengenai apa itu titik buta berikut ini. 

    Apa Itu Blindspot

    Berdasarkan artinya, blindspot adalah titik buta. Jika diartikan dalam konteks berkendara, arti blindspot adalah area sekitar kendaraan yang tidak bisa dilihat oleh pengendara. 

    Jadi, area tersebut sangat rawan terjadi benturan karena jarak pandang pengemudi yang sangat terbatas. 

    Salah satu alasan yang kerap dikemukakan oleh pengemudi ketika terjadi benturan (kecelakaan) adalah karena kurang memperhatikan posisi kendaraan lain yang ada di sekitarnya. 

    Penyebab Terjadinya Blindspot

    Kondisi blindspot bisa terjadi karena dua faktor, yaitu: 

            1. Konstruksi Kendaraan

    Ukuran kendaraan menjadi faktor utama terjadinya blind spot. Semakin besar ukuran dari kendaraan yang digunakan, maka semakin besar pula blindspot-nya. 

    Selain itu, muatan yang dibawa dan jangkauan spion yang terbatas juga memengaruhi ukuran blindspot. 

            2. Keadaan Lingkungan Sekitar

    Keberadaan kendaraan juga bisa menyebabkan blindspot. Misalnya, saat berada di area padat bangunan, di persimpangan, tikungan, area berdebu, area berbukit, dan sebagainya. 

    Cara Menghindari Area Blindspot

    Menurut keterangan beberapa ahli, walau tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun blindspot masih bisa diminimalisir. Berikut  lima cara untuk menghindari blindspot yang bisa Anda terapkan saat berkendara. 

            1. Gunakan Spion Bawaan Pabrik 

    Hal pertama yang harus diingat adalah, jangan suka mengganti-ganti kaca spion karena yang bawaan pabrik pasti sudah teruji daan didesain dengan sebaik mungkin.