Berita

    Ketahui Tips Menaklukan Tanjakan yang Curam dengan Mobil Matic

    Mengemudi menanjak tidak diragukan lagi merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan terutama bagi pengemudi pemula.

    Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan saat berkendara menanjak. Menaklukan tanjakan dengan mobil matic memerlukan keahlian sikap terampil serta cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. 

    Terutama dalam menggunakan mobil matic yang pada dasarnya mempunyai tingkat kemudahan serta kenyamanan dalam mengemudi.

    Menaklukan Tanjakan dengan Mobil Matic

    Anda tak perlu khawatir ketika menghadapi tanjakan, sebab kini berbagai mobil dilengkapi dengan sistem kontrol hill-start. Hill Start Assist Control atau yang biasanya disebut dengan hill holder merupakan fitur keselamatan aktif pada mobil. 

    Metode penerapan hill-start control yang paling sering digunakan meliputi deteksi kemiringan, deteksi gerakan ke belakang, deteksi kopling, deteksi akselerator, deteksi rem, dan deteksi torsi engine.

    Apapun alasannya, Anda harus bisa memulai dengan benar. Ini penting bukan hanya karena dapat diuji dalam ujian praktik Anda, tetapi juga karena kesalahan kecil yang dapat berakibat fatal. Keselamatan Anda, pengemudi lain, penumpang dan orang sekitar tentunya harus menjadi perhatian Anda saat sedang menaiki atau menuruni tanjakan. 

    Bagaimana Menaklukan Tanjakan Dengan Mobil Matic?

    Ada tips dan cara yang harus Anda perhatikan ketika hendak pindah gigi dengan mobil matic di tanjakan agar tidak mundur. Oleh karena itu,perhatikan hal ini saat menghadapi tanjakan dengan mobil matic dibawah ini:

            1. Pergeseran ke Gigi Rendah

    Kendaraan transmisi otomatis dibuat untuk memindahkan gigi secara alami atau otomatis. Namun, hal ini tidak selalu terjadi jika Anda harus menanjak di lereng. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa menaklukan tanjakan dengan mobil matic di jalan membutuhkan daya tarik atau tenaga mesin yang cukup. 

    Anda harus mengganti ke gigi rendah, yang dapat terletak di tuas persneling mobil Anda seperti D1, D2, atau D3. Perlu dicatat bahwa kendaraan otomatis tertentu memilikinya ditandai sebagai L, 2, dan 3.

            2. Pelajari Apa itu L, 2, dan 3

    Seperti yang dinyatakan sebelumnya, gigi rendah yang ditemukan di mobil otomatis adalah L, 2 dan 3. L menunjukkan gigi pertama, 2 gigi kedua, dan 3 gigi ketiga. Artinya, sekeras apapun Anda menekan pedal gas, mesin mobil Anda hanya akan menggunakan gigi satu saat tongkat persneling berada di posisi L.