Berita

    Ketahui Fungsi Tang Kombinasi

    Tang merupakan perkakas yang sering digunakan oleh montir di bengkel otomotif. Tang kombinasi menjadi salah satu jenis tang yang memiliki bentuk X menyerupai gunting yang sedang direnggangkan. Fungsi tang kombinasi adalah sebagai penjepit dengan bentuk runcing pada bagian ujungnya.

    Tang kombinasi terdiri dari kepala tang dengan bentuk lancip. Sedangkan bagian kepala terbuat dari bahan logam dengan bentuk gerigi rapat. Fungsinya adalah sebagai penjepit kawat atau kabel. Pada bagian dalamnya, terdapat bagian yang memiliki bentuk gerigi renggang.

    6 Fungsi Tang Kombinasi untuk Otomotif

    Perlu Anda ketahui bahwa tang tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan pertukangan yang digunakan oleh para mandor. Tang kombinasi juga dapat digunakan oleh para mekanik otomotif.

    Berikut adalah keenam fungsi yang dapat Anda pergunakan pada tang kombinasi.

            1. Alat yang Multifungsi

    Tang kombinasi dapat berfungsi untuk segala macam kepentingan mekanik mobil. Anda tak perlu menggunakan banyak jenis tang untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan karena tang kombinasi mampu menyelesaikan banyak kepentingan Anda. Maka dari itu, perkakas ini disebut sebagai alat yang multifungsi. 

            2. Sebagai Penjepit

    Tang kombinasi terdiri dari dua bagian ujung tang dengan bentuk gerigi tetapi keduanya berbeda. Pada bagian ujung dengan bentuk gerigi rapat biasa digunakan untuk mencengkram dan menahan benda-benda kecil, seperti kawat, kabel, dan lembaran plat.

            3. Sebagai Pengunci

    Tang kombinasi memiliki bagian tengah dengan bentuk gerigi yang renggang. Tujuannya adalah mempermudah alat ini untuk mencengkram dan mengunci baut atau mur dengan diameter kurang dari 1 cm. 

            4. Sebagai Pemotong

    Bagian ujung dari tang kombinasi memiliki bentuk menyerupai rahang yang tajam. Bagian inilah biasa digunakan untuk memotong kabel ataupun kawat berukuran kecil.

            5. Sebagai Hand Tool Mekanik

    Para mekanik di bengkel otomotif seringkali memanfaatkan fungsi tang kombinasi sebagai hand tool untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dalam merawat dan memperbaiki mesin mobil yang rusak. Selain itu, pekerjaan kelistrikan mobil juga dapat diselesaikan dengan menggunakan alat ini.

            6. Sebagai Alat Darurat

    Tak hanya fungsi yang sudah disebutkan di atas, tang kombinasi dapat digunakan sebagai peralatan di keadaan darurat. Maksudnya adalah Anda dapat menggunakan tang kombinasi untuk memotong kabel sebagai pengganti ketika tang atau alat pemotong lain yang Anda butuhkan tidak ada.

    Jenis-Jenis Tang dan Fungsinya