Berita

    Cara Menginjak Pedal Gas Mobil Matic yang Benar

    Ada berbagai penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi, misalnya karena salah salam menginjak pedal gas atau pedal rem. Bagi pengguna mobil matic, kesalahan tersebut juga masih banyak ditemukan. 

    Penting untuk Anda ketahui cara menginjak pedal yang benar, sehingga Anda bisa meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

    Cara Menginjak Pedal Gas

    Supaya tidak salah dalam menginjak pedal untuk gas ketika memakai mobil matic, maka Anda perlu memperhatikan berbagai hal di bawah ini.

    • Penting untuk Mengetahui Perbedaan Mobil Manual dan Matic

    Sebagai pengguna mobil matic, terlebih jika sebelumnya telah menggunakan mobil dengan transmisi manual, maka penting bagi Anda untuk paham betul perbedaannya.

    Terdapat tiga jenis pedal untuk mobil dengan transmisi manual, yaitu pedal kopling, rem, dan gas. Pedal kopling posisinya paling kiri, lalu ada pedal rem di tengah, sedangkan gas ada di paling kanan.

    Namun, pada mobil matic, hanya ada dua jenis pedal yaitu rem dan gas. Posisi pedal rem ada di sebelah kiri, sedangkan pedal gas ada di bagian kanan.

    Perbedaan jumlah ini kadang membuat beberapa orang kurang nyaman atau merasa aneh ketika pertama memakai mobil otomatis atau matic.

    Jika Anda baru berganti pemakaian dari transmisi manual ke matic, maka sebaiknya segera lakukan pembiasaan. Dengan begitu, Anda tidak lagi merasa aneh dengan perbedaan tersebut.

    • Perhatikan Posisi Pedal, Jangan Sampai Keliru
    Istockphoto.com

    Sesuai penjelasan sebelumnya, hanya terdapat dua pedal di mobil matic, yaitu untuk gas dan rem. Posisi dari kedua pedal ini perlu Anda perhatikan dengan benar, supaya tidak keliru dalam menginjak.

    Walau hanya ada dua pedal, namun masih saja ditemui berbagai kecelakaan karena kesalahan menginjak. Masih ada yang hendak menginjak rem, malah justru menginjak gas. Hal tersebut tentu memiliki berbagai potensi bahaya.

    Anda tidak boleh salah menginjak pedal, pastikan Anda paham betul bahwa pedal rem di sebelah kiri dan gas di sebelah kanan. Jangan sampai salah injak, meski mungkin dalam kondisi buru-buru.

    • Sebaiknya Pakai Kaki Kanan dan Lakukan dengan Lembut

    Ketika hendak menginjak pedal, baik rem maupun gas, maka disarankan memakai kaki sebelah kanan.