Berita

    Suka Nyangkut! Ini Cara Mengatasi Power Window Macet

    Keberadaan teknologi power window memang memberikan kemudahan untuk membuka atau menutup jendela. Tapi ketika power window macet, hal ini akan menyulitkan pengendara atau penumpang untuk berinteraksi dengan orang yang berada di luar mobil. 

    Jika tidak segera diperbaiki, tentunya akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Lantas, bagaimana cara untuk memperbaiki power window yang tiba-tiba macet tersebut? Berikut penjelasannya!

    Begini Cara Menangani Power Window Macet

    Jangan langsung panik ketika jendela mobil tiba-tiba macet sehingga jendela sulit untuk ditutup atau dibuka. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi power window yang bermasalah:

    • Cek Saklar Power Window

    Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika power window bermasalah adalah dengan memeriksa bagian saklar atau switch. Macetnya power window tersebut kerap berasal dari saklar yang telah rusak. 

    Ini dikarenakan saklar pada mobil lebih rumit dibandingkan dengan saklar lain karena memiliki tiga perintah yaitu window up, window down, dan window off. 

    Saat berkendara, tak jarang pengguna sering membuka/menutup jendela sehingga usia masa pakai menjadi cepat berkurang. 

    Ketika jendela sudah tidak bisa dibuka atau ditutup kembali lantaran saklar benar-benar rusak. Maka, solusi terbaik untuk masalah ini adalah menggantinya dengan saklar baru. 

    • Beri Pelumas

    Selain saklar, power window juga bisa macet karena kurang pelumas atau bisa juga karena menumpuknya kotoran di rel kaca. Kedua hal tersebut bisa mengganggu pergerakan kaca jendela pada saat akan dinaik-turunkan. 

    Ciri dari rel kaca yang kotor atau kurang pelumas adalah pergerakan kaca yang dirasa lebih berat dari biasanya serta muncul bunyi saat kaca dinaik turunkan. 

    Jika ini terjadi pada kaca mobil Anda, jangan dibiarkan hingga semakin parah karena bisa merusak komponen lainnya. 

    Untuk mengatasi ini Anda bisa memberikan pelumas di jalur atau sela-sela rel kaca serta komponen power window yang bermasalah dengan menggunakan silikon spray atau pelumas yang sesuai. 

    • Cek Sekering

    Langkah ketiga yang perlu dilakukan ketika power window macet adalah dengan mengecek bagian sekering atau fuse

    Pastikan sekering dalam kondisi baik (tidak putus). Jika terbukti rusak, maka cara mengatasi permasalahan ini adalah menggantinya dengan sekering baru.  

    • Cek Motor Power Window

    Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan ke bagian motor power window. Ini merupakan komponen utama yang membuat kaca jendela mobil bisa naik dan turun. 

    cek power windowPixabay

    Apabila yang macet di satu sisi (penumpang), cobalah untuk naik turunkan saklar di bagian pengemudi. Jika masih berfungsi, artinya saklar bagian penumpang yang rusak dan harus diganti. 

    Namun jika tetap tidak berfungsi ketika dicoba melalui sisi pengemudi, ada kemungkinan bagian motor yang bermasalah. Untuk memastikan kondisi motor Anda bisa menggunakan multimeter. 

    Alat ini berfungsi untuk mengecek resistansi motor dan memastikan apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Apabila benar-benar rusak, maka motor power window harus segera diganti.  

    • Cek Kabel dan Wiring

    Anda juga perlu mengecek bagian kabel dan wiring apakah hanya longgar, rusak, atau putus ketika power window tiba-tiba macet. Segera perbaiki jika kabel dan wiring longgar atau ganti dengan kabel baru jika putus atau rusak.   

    • Ganti Regulator

    Apabila semua cara tidak berhasil, ada kemungkinan bagian regulator yang bermasalah. Seperti halnya saklar dan motor, regulator juga harus diganti dengan yang baru jika benar-benar terbukti rusak. 

    Jangan ambil spekulasi dengan memperbaiki sendiri jika tidak punya basic pengetahuan seputar otomotif. Meskipun demikian, Anda bisa melakukan tindakan awal seperti memberi pelumas pada power window. 

    Jika masih macet, mintalah bantuan mekanik ahli agar dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Lalu, apabila masalah power window macet maka lakukan penggantian suku cadang.