Berita

    5 Kebiasaan Ini Bikin Rusak Kaki-kaki Mobil

    Sebagai pengguna mobil, penting sekali untuk disiplin dalam merawat dan menggunakan kendaraan untuk aktivitas sehari-hari. Maka dari itu penting untuk menghindari kebiasaan yang bisa membuat kaki-kaki mobil rusak.

    Kondisi kaki mobil bermasalah, tentu bisa berdampak negatif bagi pengguna mobil saat berkendara. Kira-kira, apa saja kebiasan buruk tersebut? Simak penjelasan lebih detail di bawah ini!

    1. Kurang Perawatan

    Masalah kaki mobil seperti keropos bisa terjadi akibat kurangnya perawatan secara rutin oleh pemilik mobil itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya untuk melakukan perawatan rutin dengan mengecek kondisi busi, per, hingga shock absorber.

    Mengingat komponen mobil yang terbuat logam ini rentan berkarat dan aus, sehingga penting untuk melakukan pengecekan secara berkala sebelum mobil digunakan. Jika sudah terdapat bagian yang rusak, segera menggantikannya dengan komponen baru.

    1. Kebiasaan Mengemudi dengan Kasar

    Mengemudi dengan kasar bisa juga menyebabkan bagian kaki-kaki mobil rentan rusak. Contoh kebiasaan yang kerap dilakukan pengemudi ialah seperti menabrak trotoar, melintasi jalan berlubang, hingga melompati polisi tidur dalam kecepatan tinggi.

    Akibatnya, ini membuat kaki-kaki mobil mengalami tekanan besar yang merusak bagian suspensi, per, dan shock absorber. Tidak hanya itu saja, berlebihan dalam menggunakan akselerasi juga dapat menyebabkan kaki mobil mengalami keropos.

    1. Berkendara di Jalan yang Buruk

    Kondisi lingkungan yang buruk, juga bisa mempercepat kaki-kaki mobil rusak. Kebiasaan ini seperti membiarkan mobil melintasi jalan bergelombang dan berlubang saat badai hujan.

    jalan berlubang

    Selain itu, faktor cuaca ekstrem ini juga dapat mempengaruhi kualitas kaki mobil memburuk akibat terjadinya korosi. Sebab, iklim yang lembab dan basah dapat memicu kaki-kaki mobil keropos dan bermasalah.

    1. Memaksa Berkendaraan Jauh Tanpa Mengecek Kondisi Mobil

    Saat melihat tanda-tanda kaki mobil bermasalah, seringkali pemilik kendaraan memaksa perjalanan jauh sebelum mobil melakukan perbaikan. Jika mobil tetap dipaksa digunakan, hal ini tentunya akan menimbulkan masalah yang lebih parah pada komponen kendaraan Anda.

    Dampak negatifnya, ini bisa menimbulkan masalah kecil lainnya seperti ban kempes sehingga laju mobil tidak stabil. Tentu masalah ini akan mengganggu kenyamanan serta mengancam keselamatan Anda selama di perjalanan.

    1. Mengemudi dengan Kecepatan Tinggi

    Kerusakan pada bagian kaki mobil, bisa terus merembet apabila tidak segera diperbaiki. Kebiasaan buruk lainnya yang bisa mengakibatkan masalah lebih fatal adalah jika Anda mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi. 

    Hal ini bisa menimbulkan resiko mobil akan hilang kendali apabila kondisi kaki rusak parah. Tentunya masalah ini tidak hanya mengancam keselamatan Anda, namun bisa menyebabkan kecelakaan fatal dengan mobil di sekitar. 

    1. Menampung Beban Berlebihan

    Seperti yang diketahui, setiap mobil memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda tergantung dengan jenis dan tipe kendaraan. Kebiasaan membawa beban barang maupun penumpang yang melebihi kapasitas angkut mobil juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian kaki-kaki kendaraan. 

    Kendaraan yang terlalu sering membawa beban berlebih, akan membuat bagian kaki-kaki mobil terasa lebih berat dari biasanya. Dan ini akan membuat daya maksimumnya hilang dan bisa rusak secara tiba-tiba.

    Nah, itu dia beberapa poin yang bisa membuat kaki-kaki mobil rusak. Tentunya, kebiasaan buruk ini harus Anda hindari agar tidak menimbulkan kerusakan yang fatal hingga mengancam keselamatan penumpang.