Berita

    Terungkap, Ini Penyebab Lampu Jauh Mobil Tidak Menyala

    Lampu jauh mobil sangat penting untuk diperhatikan. Sayangnya kegunaan lampu ini masih dianggap sebelah mata. 

    Faktanya, lampu ini memang jarang digunakan saat perjalanan santai seperti berkeliling kota. Akan tetapi benda ini akan sangat bermanfaat jika kamu bepergian ke tempat yang minim dengan cahaya lampu. Oleh karena itu, kamu perlu menghidupkan lampu jauh untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diduga.

    Tapi faktanya, lampu jarak jauh pada mobil ini bisa jadi akan mengalami kerusakan. Jika tidak diketahui penyebabnya, kamu akan mengalami kesusahan saat akan berkendara jauh.

    Untuk itu, ketahuilah beberapa penyebab lampu jauh dari mobil mengalami kerusakan seperti penjelasan di bawah ini!

    • Bola Lampu Jauh Mobil Mengalami Kebakaran 

    Jenis lampu ini bekerja lebih berat dibanding dengan lampu dekat pada mobil. Itu menyebabkan komponen-komponen di dalamnya ikut bekerja dengan ekstra.

    Untuk menghasilkan lampu dengan jarak yang jauh dan terang, akan banyak menguras arus listrik dari daya aki. Namun sayangnya daya yang dikeluarkan tidak imbang dengan kemampuan bola dari lampu jarak jauh pada mobil. Dengan demikian, kebakaran pun tidak bisa dihindari. 

    Tapi kebakaran ini tidak bisa dilihat secara kasat mata. Umumnya, kebakaran ini hanya menyebabkan lampu jarak jauh tidak dapat difungsikan. 

    Namun kamu bisa menyiasatinya untuk sementara waktu. Yaitu dengan mengandalkan lampu-lampu pada bagian depan depan mobil lainnya.

    • Sekring dan Kabel Relay Bermasalah

    Kedua komponen ini sangat rawan untuk putus. Jika sekring putus, arus listrik tidak dapat menyalakan lampu jauh di mobil. Untuk itu kamu bisa melakukan pengecekan dari dalam mobil.

    Namun setiap mobil memiliki jumlah sekring yang berbeda. Komponen yang bisa kamu lihat dengan bentuk kotak hitam dekat setir mobil ini umumnya berjumlah tiga sampai empat buah. 

    Namun ketika kamu ingin menggantinya pastikan sekring sesuai dengan yang dianjurkan. Jika tidak cocok, sekring itu akan mengalami kerusakan kembali. Oleh karena itu, pastikan kamu telah mengetahui bentuk atau jenis sekring yang sesuai dengan mobil kamu.

    Selain sekring, perhatikan pula keadaan kabel relay. Meskipun tidak terputus, namun jika sudah terlihat usang, lebih baik untuk dilakukan penggantian.

    Baik lampu dekat maupun lampu jauh mobil memiliki kabel relay yang berbeda. Hal itu karena penggunaan daya listrik pada mobil pun juga berbeda.