Berita

    Ketahui Fungsi Exhaust Manifold, Cara Kerja, dan Perawatannya

    Exhaust manifold adalah sebuah saluran yang terletak pada ruang pembakaran mobil. Komponen yang satu ini memiliki nama lain header knalpot. Perannya sangat penting pada ruang pembakaran mobil.

    Namun masih banyak orang yang belum memahami apa itu header knalpot. Padahal jika komponen ini tidak berfungsi, maka kinerja mobil juga akan terganggu.

    Berikut ini adalah rangkuman singkat mengenai header knalpot mulai dari fungsi, cara kerja hingga cara merawatnya.

    Fungsi Exhaust Manifold pada Mobil

    Komponen yang satu ini memiliki peran untuk mengumpulkan gas buang di berbagai saluran pembuangan. Kemudian gas ini akan disaring pada katalis dan juga muffler pada knalpot mobil.

    Secara lebih jelas, berikut ini tiga fungsi header knalpot pada mobil. Antara lain:

            1. Mengumpulkan Gas Buat dari Ruang Bakar

    Fungsi pertama adalah untuk mengumpulkan gas buang yang berasal dari mesin pembakaran. Kemudian gas ini akan disalurkan ke exhaust sistem sebelum akhirnya tersalur ke muffler mobil.

    Nah, jumlah dari komponen pada mobil ini berbeda. Tergantung dari banyaknya silinder mesin mobil. Apabila komponen silinder pada mobil ada banyak, maka saluran ini juga lebih banyak.

            2. Meredam Suara pada Proses Pembakaran

    Saat mengolah bahan bakar, mesin akan mengalami ledakan. Apabila tidak diredam, maka suaranya juga bisa Anda dengarkan. 

    Suara proses pembakaran selama ini telah terdam dengan baik oleh exhaust manifold. Jadi selama proses pembakaran terjadi, maka komponen yang satu ini juga ikut bekerja.

            3. Membantu Kinerja Mesin Mobil Jadi Lebih Lancar

    Zat sisa pembakaran mesin ini harus dibuang. Jika tidak, maka akan mengganggu kinerja pada mobil. Di sinilah komponen ini akan melakukan kerjanya.

    Tujuannya untuk membantu kinerja mesin mobil supaya lebih efisien. Sehingga gas sisa pembakaran juga akan terbuang, kemudian kinerja mobil jadi lebih lancar.

    Cara Kerja Header Knalpot

    Proses kerja dari komponen ini bisa dibilang cukup sederhana. Mulanya, hasil pembakaran yang ada pada silinder mesin mobil akan mengalir ke saluran header knalpot. Di sini seluruh hasil pembakaran akan terkumpul jadi satu.

    Setelah itu, gas akan dialirkan menuju catalytic converter juga muffler. Supaya gas yang terbuang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi manusia.

    Cara Merawat Header Knalpot

    Pentingnya kinerja header knalpot ini membuat Anda harus bisa menjaganya dengan baik. Pastikan komponen tidak mengalami kerusakan seperti terjadi retakan. Berikut tips untuk merawat saluran gas pembakaran: